Biak (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Biak Numfor, Papua memprogramkan perbaikan jalan dalam kota Biak tahun 2019 memasuki tahapan pelelangan pekerjaan fisik dalam rangka mendukung pelayanan angkutan distribusi hasil kebun warga.

"Ditargetkan pada 19 Juli kontrak pekerjaan proyek DPU untuk perbaikan jalan dalam kota Biak mulai berjalan," ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum Z. Mailoa, di Biak, Rabu.

Untuk pekerjaan proyek perbaikan jalan dalam kota wajib menggunakan fasilitas mobil skill aspal jalan (asphalt finisher).

Mailoa mengatakan, beberapa ruas jalan yang akan diperbaiki diantaranya Majapahit, Jalan di Biak utara, jalan lingkar kepulauan Numfor serta beberapa ruas lain di Kabupaten Biak Numfor.

"Perbaikan jalan dengan dukungan dana alokasi khusus diharapkan berjalan tepat waktu sesuai tahapan pekerjaan proyek fisik di lingkungan pemkab Biak Numfor," katanya.

Dia mengatakan, status jalan yang dilakukan perbaikan adalah jalan kabupaten yang tersebar di sejumlah kampung dan kelurahan.

Khusus untuk pekerjaan lanjutan jalan lingkar di pulau Numfor pada 2019, menurut Ricky-sapaan Kadis PU Mailoa, pemkab Biak Numfor mengalokasikan dana berkisar Rp20 miliar.

"Jalan merupakan fasilitas umum yang menjadi akses bagi berbagai warga kampung untuk menyalurkan hasil kebun sehingga perlu dilakukan perbaikan," ungkapya.

Perbaikan jalan di Kabupaten Biak Numfor dilakukan pemerintah berdasarkan status jalan yakni untuk jalan kabupaten dilakukan Pemkab Biak, untuk jalan Nasional dilaksanakan Balai Jalan Nasional serta untuk jalan provinsi dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua.
Baca juga: ODA-JICA bantu sentra perikanan terpadu Biak Rp29 Miliar
Baca juga: Sekolah penerbangan akan beroperasi di Biak

 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2019