Rencana Nicki Minaj tampil di Jeddah undang kontroversi

Rencana Nicki Minaj tampil di Jeddah undang kontroversi

Foto Nicki Minaj yang dipasang untuk bintang utama Jeddah World Fest 2019 di laman jeddahworldfest.com. (ANTARA News/jeddahworldfest.com)

Jakarta (ANTARA) - Arab Saudi mengumumkan bahwa bintang rap Nicki Minaj bakal tampil di Jeddah World Fest pada 18 Juli ini, bahkan disebut sebagai penampil utama di festival itu.

Kehadirian Nicki, yang dikenal bergaya aneh, provokatif, dan menampilkan tarian goyang pinggul serta pakaian yang seksual, telah mengundang kontroversi terutama bagi kalangan perempuan Arab Saudi yang dibatasi dengan aturan dan budaya yang lebih ketat.

Penyelenggara Jeddah Word Festival, sebagaimana dikutip dari Al Jazeera, Kamis, mengatakan bahwa Minaj yang bernama asli Onika Tanya Maraj, akan menjadi berita utama dalam festival itu.

Kontroversi muncul dipicu oleh kontrasnya budaya masyarakat dan perempuan Arab Saudi dengan penampilan Minaj yang selama ini dikenal dunia. Lirik lagu-lagu Minaj sering mengandung kata-kata kotor dan terutama membahas soal seks.
Konser itu, sesuai hukum Saudi, akan bebas alkohol dan obat-obatan terlarang, terbuka bagi orang berusia 16 tahun atau lebih tua dan akan berlangsung di Stadion Olahraga Raja Abdullah di kota Laut Merah.

Arab Saudi menjanjikan visa elektronik cepat untuk pengunjung internasional yang ingin hadir. Media lokal melaporkan bahwa acara yang akan disiarkan di MTV itu juga akan menampilkan musisi Inggris Leam Payne dan DJ Amerika Steve Aoki.

Reaksi di media sosial berkisar mulai dari kejutan dan kegembiraan hingga kritik dan kekecewaan. Banyak media juga menyoroti video tidak senonoh yang diunggah di Twitter dan ditonton lebih dari 37.000 kali.
Dalam video itu, seorang wanita Saudi yang mengenakan jilbab longgar menuduh pemerintah Saudi munafik karena mengundang Minaj tampil, sementara para wanita yang menontonnya mengenakan jubah panjang sederhana yang dikenal sebagai abaya. Kebanyakan wanita Saudi juga menutupi rambut dan wajah mereka.

Di Twitter juga ada unggahan “menyindir” berupa foto Nicki Minaj yang mengenakan hijab dan disertai tulisan “Nicki Minaj tampil di #saudiarabia at #JeddahWorldFest”.
Dalam beberapa bulan terakhir, beberapa penyanyi dan musisi telah tampil di Arab Saudi antara lain Mariah Carey, Enrique Iglesias, Black Eyed Peas, rapper Sean Paul, dan DJ David Guetta.

Tiket Jeddah World Fest 2019 akan segera dijual, di antaranya melalui jeddahworldfest.com, meskipun harganya belum diumumkan.

Baca juga: Nicki Minaj akan mangung di Arab, bagaimana penampilannya?

Baca juga: Nicki Minaj dan Kenneth menikah diam-diam

Baca juga: Nicki Minaj isi suara film "Angry Bird Movie 2"

Baca juga: Tracy Chapman tuduh Nicki Minaj sadur lirik lagunya

Pewarta: Suryanto
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Maskapai bertarif murah Arab Saudi terima pesawat Airbus baru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar