Gorontalo (ANTARA) - Jamaah calon haji (JCH) asal Provinsi Gorontalo akan dibagi dalam tiga kelompok terbang (kloter) yakni kloter 27, 29 dan 34 yang bergabung dengan Embarkasi Makassar (UPG) dan diterbangkan melalui Bandara Sultan Hasanuddin mulai tanggal 26-31 Juli 2019.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementrian Agama Provinsi Gorontalo, Mahmud Bobihu di Gorontalo, Kamis mengatakan, pihaknya telah merilis jadwal pemberangkatan dan pemulangan JCH embarkasi antara Gorontalo.

“Sebelum berangkat, JCH memasuki asrama haji Embarkasi Antara Gorontalo pada tanggal 25 Juli untuk kloter 27. Disusul kloter 29 tanggal 27 dan diakhiri kloter 34 pada 31 Juli 2019,” ungkapnya.

Baca juga: Dirjen PHU : kedisiplinan jamaah haji Gorontalo tinggi

Ia menambahkan, kloter 27 berjumlah 450 orang dan berasal dari JCH asal Kota Gorontalo, kloter 29 sejumlah 450 dari Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Pohuwato.

Sementara kloter 34 akan diisi jamaah asal Kota Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Boalemo, dan Kabupaten Gorontalo Utara sebanyak 281 orang.

"Kloter 34 ini nantinya akan bergabung dengan sebagian jamaah asal Sulawesi Selatan,” tambahnya.

Baca juga: Dirjen: Kloter Pertama Calhaj berangkat 9 Agustus

Menurutnya, Kemenag akan segera menggelar rapat koordinasi dengan para instansi terkait, serta mempersiapkan segala keperluan asrama haji dalam melayani persiapan pemberangkatan mendatang.

“Karena Gorontalo merupakan Embarkasi Haji Antara, maka seluruh persiapan pemberangkatan baik administrasi dan teknis sudah dipersiapkan dan diselesaikan sejak masih di Gorontalo. Nantinya, jamaah akan bertolak menuju Makassar melalui Bandara Djalaluddin Gorontalo untuk keperluan transit atau ganti pesawat menuju Jeddah, Arab Saudi,” jelasnya.

Pewarta: Debby H. Mano
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019