Pejabat Kedubes Iran: minyak sawit Aceh berpeluang diekspor ke Iran

Pejabat Kedubes Iran: minyak sawit Aceh berpeluang diekspor ke Iran

Atase Sekretaris Bidang Ekonomi Kedutaan Iran di Indonesia Mohammad Hassan Tavakoli (kanan) dan Pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Aceh Muhammad Mada (kiri) di Banda Aceh, Kamis (4/7) (Antara Aceh/Khalis)

..kami telah mengenal lebih dekat kapasitas pelaku bisnis dari Aceh, demikian juga potensial yang ada di Iran kami perkenalkan di Aceh.
Banda Aceh (ANTARA) - Sekretaris Atase Bidang Ekonomi Kedutaan Iran untuk Indonesia Mohammad Hassan Tavakoli mengatakan, Provinsi Aceh memiliki peluang besar untuk mengekspor minyak kelapa sawit langsung ke Iran tanpa ada perantara.

“Kami telah mendapatkan metode, serta peluang-peluang kerjasama di Aceh dan telah ada kesepakatan secara verbal, seperti misalnya para produser minyak sawit CPO (Crude Palm Oil) yang bisa langsung melakukan ekspor ke Iran tanpa perantara,” kata Mohammad Hassan Tavakoli saat melakukan kunjungan ke provinsi paling barat Indonisia dan bertemu dengan Pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Aceh, di Banda Aceh, Kamis.

Hassan Tavakoli menyebutkan bahwa kunjungan saat ini merupakan yang pertama kali dilakukan dirinya ke Provinsi Aceh.

Ia mengaku sangat gembira dan ingin menyaksikan langsung kapasitas dan potensi di Aceh, baik dari adat istiadat serta mengenal dekat orang-orang Aceh.

“Dengan Kadin, para pelaku ekonomi di Aceh kami telah melakukan perbincangan tadi, dalam perbicangan ini kami telah mengenal lebih dekat kapasitas pelaku bisnis dari Aceh, demikian juga potensial yang ada di Iran kami perkenalkan di Aceh,” ungkapnya.
Baca juga: Maksimalisasi penggarapan migas dorong ekonomi masa depan Aceh

Selain bertemu dengan Kadin Aceh, Hassan juga melakukan pertemuan dengan pihak kampus di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh. Mereka sedang melihat peluang untuk kerjasama ilmiah antara Iran dengan kampus-kampus yang ada di Aceh.

“Di Universitas UIN Ar-Raniry kami sedang melihat peluang untuk melakukan kerjasama ilmiah, dan kami di sini mengatakan kami siap untuk bekerja sama di sektor keilmuan dengan universitas di Aceh,” ungkapnya.

Baca juga: Enam gelar juara tingkat nasional disabet Aceh
Baca juga: KEK Arun Lhokseumawe diharapkan jadi pusat ekonomi
Baca juga: Komoditas pertanian pengaruhi pertumbuhan ekonomi Aceh

Pewarta: Irman Yusuf
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Semarak peringatan Revolusi Islam di Teheran

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar