Kairo, Mesir (ANTARA) - Pemain andalan Madagaskar Marco Ilaimaharitra  yang menjadi dongeng keberhasilan Piala Afrika edisi tahun ini setelah melenggang ke 16 besar, bakal absen pada pertandingan melawan Republik Demokrasi Kongo, Minggu waktu setempat, karena terkena akumulasi kartu.

Gelandang yang bermain penuh 90 menit saat menang melawan Burundi dan Nigeria serta seri melawan Guinea, sudah mendapatkan dua kartu kuning dari dua pertandingan sehingga terkena hukuman tak boleh turun pada satu pertandingan.

Ilaimaharitra, pemain klub Liga Belgia Racing Club Charleroi, mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan melawan Burundi dari tendangan bebas dan kemudian membantu timnya menghancurkan juara Afrika tiga kali, Nigeria.

Jika Madagaskar mengalahkan Kongo di Alexandria, dia baru boleh bertanding pada perempat final melawan Ghana atau Tunisia.

Baca juga: Prediksi Uganda vs Senegal, menagih konsistensi Mane

Gelandang Afrika Selatan Themba Zwane dan penyerang Benin Steve Mounie juga dilarang tampil pada pertandingan 16 besar setelah mengantongi dua kartu kuning.

Zwane harus puas menjadi penonton ketika negaranya menantang tuan rumah Mesir di Kairo, Sabtu waktu setempat, sedangkan Mounie tidak boleh memperkuat Benin melawan Maroko di Kairo 24 jam sebelum itu.

Bek Ghana John Boye menjadi satu-satunya pemain yang mendapat kartu merah dan saat ini baru menyelesaikan larangan bermain, satu dari dua pertandingan yang dikenakan kepadanya.

Baca juga: Prediksi Maroko vs Benin, menanti Singa Atlas mengaum
 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019