counter

Peneliti: LinkAja harus kompetitif di tengah pertumbuhan e-commerce

Peneliti: LinkAja harus kompetitif di tengah pertumbuhan e-commerce

Wakil Presiden Jusuf Kalla (empat dari kiri) bersama Menteri BUMN Rini Soemarno (tiga dari kiri) meluncurkan aplikasi LinkAja di Gelora Bung Karno. (ANTARA/Muhammad Zulfikar)

Persaingan itu ditentukan sejauh mana produk itu kompetitif..
Jakarta (ANTARA) - Peneliti senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Enny Sry Hartati mengatakan aplikasi LinkAja atau sistem pembayaran uang elektronik yang baru saja diluncurkan pemerintah harus kompetitif dalam menghadapi persaingan e-commerce.

"Persaingan itu ditentukan sejauh mana produk itu kompetitif," kata dia saat dihubungi Antara di Jakarta, Jumat.

Meskipun terdapat sejumlah BUMN yang saling bersinergi atau bakal menerapkannya, tetap saja sistem pembayaran uang elektronik tersebut wajib kompetitif jika tidak ingin tertinggal dari e-commerce lain.

Kedua, fasilitas yang ditawarkan oleh sistem pembayaran uang elektronik plat merah itu juga harus lebih memudahkan konsumen dibandingkan sejumlah e-commerce yang sudah ada.

Karena, kata dia, beberapa e-commerce saat ini sudah menawarkan beragam kemudahan dalam bertransaksi serta lebih efektif dan efisien. Terakhir persoalan jaminan keamanan bagi pengguna aplikasi juga perlu diperhatikan.

"Keamanan nasabah atau pengguna harus lebih dioptimalkan jika ingin lebih berkembang," kata Staf Ahli Komisi X DPR RI periode 2007-2010 tersebut.

Terkait pertumbuhan LinkAja ke depan, ia melihat ada peluang besar karena disokong oleh sejumlah BUMN seperti perbankan, Pertamina, Jiwasraya, Danareksa dan Telkomsel.

"Yang pasti pangsa pasar ekonominya akan terus bertumbuh apalagi nanti dipersyaratkan seluruh transaksi e-commerce harus terhubung dengan bank maka ini potensi besar bagi Indonesia," ujarnya.

Secara umum ia melihat sejumlah aplikasi transaksi e-commerce saat ini semakin kompetitif dengan menawarkan beragam kemudahan serta bonus-bonus menarik kepada konsumen.

Sementara itu, CEO LinkAja Danu Wicaksana mengatakan sistem pembayaran uang elektronik menawarkan sejumlah kemudahan dalam menjawab berbagai kebutuhan masyarakat di berbagai sektor seperti transportasi, komunikasi, minyak, perbankan dan lain sebagainya.

Dalam penerapannya, LinkAja juga terkoneksi dengan sejumlah e-commerce Tanah Air dengan tujuan semakin mempermudah layanan atau kebutuhan masyarakat.

"Jadi penggunaan LinkAja ini terkoneksi dengan sejumlah e-commerce lainnya dengan beragam kemudahan," ujar dia.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Rayakan ultah, BUMN luncurkan LinkAja

Komentar