Gempa guncang kawasan berpenduduk 20 juta di California

Gempa guncang kawasan berpenduduk 20 juta di California

Ilustrasi gempa (1)

Los Angeles (ANTARA) - Gempa kuat mengguncang California Selatan pada Kamis, mengakibatkan kebakaran, merusak bangunan-bangunan dan memaksa evakuasi sebuah rumah sakit di satu kota padang pasir di sebelah barat-laut Los Angeles, tetapi hanya menimbulkan cedera ringan.

Gempa magnitudo 6,4, paling kuat di California Selatan dalam 25 tahun, melanda daerah sekitar 113 sebelah timur-laut Los Angeles dekat Ridgecrest sekitar pukul 10.30 waktu setempat, menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) . Pusat gempa itu berada di tepi Death Valley National Park.

Dinas Pemadam Kebakaran Kern County mengatakan pihaknya menangani orang-orang yang mengalami berbagai luka yang disebutnya ringan, dua kebakaran rumah, kebakaran semak-semak kecil dan kebocoran gas.

Gubernur California Gavin Newsom menyetujui pemberlakuan darurat dan Walikota Ridgecrest Peggy Breeden mengatakan ia telah memberlakukan keadaan darurat, satu langkah yang memungkinkan kota itu menerima bantuan dari lembaga-lembaga dari luar.

Rumah Sakit Regional Ridgecrest dievakuasi dan para pasien dipindahkan ke loka-lokasi lain karena kekhawatiran gempa susulan yang kuat, katanya. Sekitar 15 pasien dipindahkan, kata media setempat mengutip pejabat-pejabat setempat.

Kendati tak ada laporan tentang korban luka-luka, Breeden mengatakan ia telah meminta warga untuk mengecek tetangga-tetangga mereka di kota padang pasir itu, yang berpenduduk sekitar 28.000 jiwa.

Sumber: Reuters

Baca juga: Badai Pasifik picu tornado, tanah longsor dan banjir di Kalifornia

Baca juga: Kebakaran di Kalifornia cepat menyebar, penghuni mengungsi

 

Penerjemah: Mohamad Anthoni
Editor: Chaidar Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kantor Pertamina RU V "diteror" ancaman bom

Komentar