Dari target 777 desa atau kampung yang hendak dilistriki sejak 2018-2019, kini baru 240-an desa yang berhasil menikmati listrik secara permanen
Jayapura (ANTARA) - PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat mengharapkan PresidenJoko Widodo pada periode kedua kepemimpinannya dapat melanjutkan pembangunan infrastruktur khususnya jalan untuk membantu melistriki desa atau kampung di Bumi Cenderawasih.

Juru Bicara PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Septian Pujiyanto kepada Antara di Jayapura, Jumat, mengatakan hingga kini pihaknya masih kesulitan untuk mendistribusikan material-material yang akan digunakan untuk membangun pembangkit di desa-desa terpencil.

"Sehingga kami mengharapkan pembangunan infrastruktur khususnya jalan di Papua melalui program Trans Papua dapat dilanjutkan dan diselesaikan sehingga masyarakat pada desa di Bumi Cenderawasih dapat menikmati listrik seperti warga lain di perkotaan," katanya.
Baca juga: PLN perbaiki sistem suplai bahan bakar PLTMG Holtekamp Papua

Menurut Septian, hingga kini permasalahan transportasi ke desa-desa di pedalaman yang hendak dilistriki masih menjadi kendala utama yang dihadapi PLN selain hal lainnya.

"Padahal masih banyak desa atau kampung di Papua yang berada di pedalaman atau wilayah terpencil belum terlistriki, dan kami terus berupaya membuka akses tersebut," ujarnya.
Baca juga: Pengiriman material jadi tantangan bangun infrastruktur PON 2020

Dia menjelaskan pembangunan kelistrikan di sebuah desa atau kampung juga menjadi salah satu infrastruktur penting dalam mendukung perekonomian di wilayah tersebut.

"Dari target 777 desa atau kampung yang hendak dilistriki sejak 2018-2019, kini baru 240-an desa yang berhasil menikmati listrik secara permanen," katanya lagi.

Dia menambahkan selain belum dilistriki, masih ada desa atau kampung di Papua yang instalasi listriknya belum permanen, atau masih menggunakan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHI) yang diberikan Kementerian ESDM.

Baca juga: WIKA bangun infrastruktur jalan dan jembatan untuk Asmat yang lebih baik
Baca juga: Bappenas nilai infrastruktur tulang punggung penggerak ekonomi Papua

 

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2019