Palembang (ANTARA) - Kota Palembang, Sumatera Selatan, diguyur hujan pada Jumat sore, atau satu hari menjelang pelaksanaan seri Kejuaraan Dunia Motocross Grand Prix MXGP yang akan berlangsung 6-7 Juli mendatang di kota tersebut.

Hujan dengan intensitas sedang selama kurang lebih satu jam itu terjadi di wilayah Palembang meliput kawasan Jakabaring, Kertapati, Sako, Kemuning. Arena MXGP yang berada di sirkuit OPI Mall kawasan Jakabaring, juga tidak luput dari siraman hujan.

Namun, hujan dengan intensitas sedang ini relatif tidak mengganggu fasilitas yang sudah disiapkan seperti lintasan, tribun, paddock dan lainnya.

Gundukan tanah di lokasi tersebut masih berdiri kokoh karena memang dirancang untuk menghadapi cuaca seperti ini.

Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia Jeffrey JP mengatakan adanya hujan dengan intensitas sedang ini justru bagus karena arena tersebut sebaiknya dibasahi agar tidak terlalu berdebu.

"Tadi pagi saya lihat memang harus dibasahi sedikit," kata dia.

Demi lancarnya pelaksanaan ajang olahraga otomotif tingkat internasional ini, Gubernur Sumsel Herman Deru sudah mengingat bahwa instansi terkait untuk meningkatkan mitigasi terhadap kebakaran hutan dan lahan.

Kota Palembang sudah hampir sepuluh hari tidak diguyur hujan, bahkan kodisi ini diperkirakan akan bertambah dengan 20 hari tanpa hujan. Yakni, tepatnya saat puncak musim kemarau di Agustus-September.

"Saya tegaskan jangan ada kebakaran hutan dan lahan. Jika sampai ada asap, akan mengganggu jalannya MXGP," kata dia.

Baca juga: Tiga crosser nasional raih "wild card" MXGP Palembang

Herman Deru mengatakan, pelaksanaan MXGP tahun ini bakal menjadi tolak ukur untuk memilih kembali Palembang sebagai tuan rumah.

Sementara itu, puluhan pembalap dari 18 negara ambil bagian pada seri ketiga Kejuaraan Dunia MXGP 2019, 6-7 Juli 2019. Sebanyak 20 crosser akan terjun pada nomor MX1 (MXGP) dan 21 crosser pada nomor MX2. Indonesia sebagai tuan rumah mendapatkan wild card untuk tiga pembalapnya, yaitu Farhan Hendro dan Andri Lazaroni akan turun pada nomor MX1 (MXGP) dan Delvintor Alfarizi yang berlaga di MX2.

Bagi Indonesia, menjadi tuan rumah MXGP ini untuk kali ketiga karena sejak 2017 sudah diselenggarakan di Pangkal Pinang dan Semarang. Namun pada 2019 ini, event yang biasa digelar di Pangkal Pinang digeser ke Palembang, dan seri keempat tetap akan digelar di Semarang pada pekan depan.

Baca juga: Palembang ingin jadi tuan rumah permanen MXGP
Baca juga: Arena MXGP Palembang siap digunakan


Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2019