Jakarta (ANTARA) - Sepak bola putri China akan segera menerima bantuan dana dalam jumlah besar, setelah Ant Financial milik Alipay menyatakan bahwa mereka akan menyediakan anggaran sebesar 145,43 juta dolar AS untuk program selama sepuluh tahun.

Inisiatif penggalangan dana tersebut dilakukan oleh organisasi amal Alipay Foundation dengan tujuan agar sepak bola semakin digemari kaum wanita di seluruh negeri, demikian disampaikan Alipay melalui sebuah pernyataan.

Dana tersebut akan digunakan untuk memperkuat pembentukan tim nasional, pembinaan pemain muda, pendidikan pelatihan, serta kesejahteraan bagi atlet profesional yang sudah pensiun.

"Kami sangat berterima kasih kepada Alipay melalui komitmen sepuluh tahun untuk mendukung pengembangan sepak bola putri di China," kata Cai Yong, anggota komite eksekutif Asosiasi Sepak Bola China (CFA) seperti dikutip Reuters.

"Sepak bola putri tidak hanya sekedar olahraga, tapi juga kekuatan sosial yang bisa mendorong remaja putri dan wanita untuk mengejar mimpi dan ambisi," kata Cai Yong.

Tim sepak bola putri China secara tradisional lebih berprestasi dibanding rekan putra mereka di pentas internasional setelah menjadi runner-up di Piala Dunia Putri 1999 dan menempati peringkat empat pada edisi 1995.

Pada Piala Dunia Putri 2019 yang saat ini sedang berlangsung di Prancis, tim putri China mencapai babak 16 besar, tapi langkah mereka untuk melangkah lebih jauh dihentikan Italia dengan skor 0-2.

Sementara tim putra China hanya satu kali merasakan ketatnya persaingan di Piala Dunia, yaitu pada 2002, di mana mereka langsung tersingkir di babak penyisihan grup setelah tidak mampu meraih satu pun kemenangan.

Baca juga: Tundukkan China 2-0, Italia lolos ke perempat final

Baca juga: Timnas putri China pastikan tiket Piala Dunia

Pewarta: Atman Ahdiat
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019