Mendikbud : pembangunan SDM tekankan pendidikan karakter

Mendikbud : pembangunan SDM tekankan pendidikan karakter

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy usai rapat kerja dengan Komisi X DPR RI di kompleks parlemen di Senayan, Jakarta, Senin (24/6/2019). ANTARA/Dewa Wiguna/aa

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan pembangunan sumber daya manusia (SDM) menekankan dua penguatan, yakni pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik.

"Dalam pendidikan karakter membentuk insan berakhlak mulia, sopan santun, tanggung jawab, dan budi pekerti yang luhur. Dengan membekali keterampilan dan kecakapan yang disertai dengan penanaman jiwa kewirausahaan," ujar Muhadjir Effendy di Jakarta, Jumat.

Dia menambahkan pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Penguatan karakter dan literasi warga negara merupakan bagian penting yang menjadi ruh dalam kinerja pendidikan dan kebudayaan.

Mendikbud menyebut pada periode mendatang, pemerintah fokus dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM). Kemendikbud memberi perhatian pada pendidikan anak-anak Indonesia yang berada di luar batas negara maupun anak-anak keturunan Indonesia yang berada di Sabah dan Serawak.

Dia juga menegaskan bahwa guru, orang tua, dan masyarakat harus dapat menjadi sumber kekuatan untuk memperbaiki kinerja dunia pendidikan dan kebudayaan dalam menumbuhkembangkan karakter dan literasi anak Indonesia.

Muhadjir menyebut tri pusat pendidikan harus secara simultan menjadi lahan subur tempat persemaian nilai-nilai religius, kejujuran, kerja keras, gotong royong, dan seterusnya bagi para penerus kedaulatan dan kemajuan bangsa.

Baca juga: Mendikbud: Pendidikan karakter bukan diceramahkan

Baca juga: Kemendikbud prioritaskan pendidikan karakter dan vokasi di 2019

Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Nadiem Makarim terima hibah hak merek dagang ‘Merdeka Belajar’

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar