Tiga nama besar berebut Ketua DPD PDIP Kalteng

Tiga nama besar berebut Ketua DPD PDIP Kalteng

Wakil Ketua Bidang Politik dan Hamkam DPD PDIP Kalteng Donny Y Laseduw (FOTO ANTARA/Jaya W Manurung)

Renhard Atu Narang, Willy M Yosef, dan Sugianto Sabran berebut menjadi Ketua DPD PDIP Kalteng
Palangka Raya (ANTARA) - Tiga nama besar diperkirakan bakal memperebutkan jabatan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kalimantan Tengah pada konferensi daerah dan konferensi cabang pada 10 Juli 2019.

Hal itu terlihat dari perolehan suara dalam pemilihan umum legislatif maupun presiden 2019 yang berhasil menjadi pemenang di tingkat nasional maupun sejumlah provinsi, kata Wakil Ketua Bidang Politik dan Hankam DPD PDIP Kalteng Donny Y Laseduw di Palangka Raya, Jumat.

"Mungkin itu yang mendasari beredarnya tiga nama besar di Kalteng, yakni Renhard Atu Narang, Willy M Yosef, dan Sugianto Sabran berebut menjadi Ketua DPD PDIP Kalteng," beber dia.

Baca juga: PDI Perjuangan gelar Konfercab dan Konferda secara serentak

Menurut dia, munculnya nama Atu Narang menjadi Ketua DPD PDIP Kalteng karena dianggap para kader memiliki jasa yang luar biasa selama puluhan tahun dalam membesarkan partai di provinsi ini dan selalu berhasil menaikkan perolehan suara di setiap pemilu.

Nama Willy M Yosef dikait-kaitkan dalam pencalonan Ketua PDIP Kalteng, karena dianggap punya potensi dan masih muda serta pernah menjabat Bupati Murung Raya dua periode, menjadi calon Gubernur Kalteng pada 2016 lalu dan memperoleh suara terbanyak saat menjadi calon DPR RI untuk dapil Kalteng pada Pemilu 2019.

Sedangkan nama Gubernur Kalteng Sugianto Sabran juga menjadi salah satu calon Ketua DPD PDIP karena masyarakat melihat bahwa politik itu berkembang dinamis kalau berada dalam pusaran kekuasaan.

Baca juga: Ricuh, Konferda PDIP di Maluku Utara

"Tapi sebenarnya masih banyak nama-nama kader yang cocok dan layak menjadi calon Ketua DPD PDIP Kalteng. Ada Artaban, Freddy Ering, Duwel Rawing, Lohing Simon, dan lainnya. Jadi, masih banyak lah nama-nama lain," kata pria yang juga Ketua Lembaga Pemberdayaan Hukum dan Politik Harati Kalteng itu.

Meski begitu, dia menegaskan, bahwa PDIP memiliki aturan baku dalam menentukan Ketua DPD maupun DPC se-Indonesia, yakni nomor 028 tahun 2019 bahwa semua kader boleh menjadi calon ketua, namun pada akhirnya DPP PDIP yang akan menetapkan siapa saja yang menjadi calon.

"Kita lihat lah, siapa nanti ditetapkan DPP PDIP yang menjadi calon ketua DPD PDIP Kalteng. Rencananya konferda dan konfercab dilaksanakan 10 Juli 2019. Tapi, melihat kesiapan dari DPP, kapan pastinya," demikian Donny.

Pewarta: Kasriadi/Jaya W Manurung
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar