Jayapura (ANTARA) - Pesawat CN 235 MPA dari Skuadron 27 TNI-AU yang bermarkas di Kabupaten Biak Numfor, diperbantukan untuk memperkuat pencarian terhadap Helikopter TNI-AD MI 17 No Reg 5138 yang hilang kontak pada Jumat pekan lalu.

Wakil Kepala (Waka) Penerangan Kodam (Pendam) XVII/Cenderawasih Letkol Inf Dax Sianturi di Kota Jayapura, Jumat mengatakan pesawat tersebut telah tiba di Lanud Silas Papare, Sentani, Kabupaten Jayapura pada pukul 11.30 WIT.

Baca juga: TNI bangun komunikasi dengan keluarga penumpang helikopter MI 17

"Direncanakan pesawat CN 235 yang dilengkapi Forward Looking Infrared (FLIR) kamera akan beroperasi untuk menyisir rute penerbangan Sentani-Oksibil," katanya.

Pada pukul 14.30 WIT pesawat CN 235 MPA berpenumpang Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Tri Wibowo dan Danrem 172/PWY Kolonel Inf J Binsar P Sianipar serta Kepala Basarnas wilayah Jayapura bertolak menuju Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Baca juga: TNI hentikan pencarian helikopter MI 17 karena cuaca

"Namun pesawat memutuskan kembali ke pangkalan Sentani setelah 10 menit terbang dikarenakan cuaca hujan yang deras," katanya.

Sebelumnya, Helikopter MI 17 milik Penerbad TNI AD hilang kontak sesaat lepas landas dari Bandara Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, menuju Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura.

Baca juga: TNI masih cari helikopter hilang kontak

Pesawat dilaporkan membawa 12 orang terdiri dari tujuh orang kru dan lima orang personil Satgas Yonif 725/WRG yang akan melaksanakan pergantian pos.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019