Jakarta (ANTARA) - Patung kayu ibu negara AS Melania Trump dengan ukuran asli dipamerkan di dekat kampung halamannya, Sevnica, Slovenia.

Patung itu, seperti dilansir Reuters, dibentuk oleh seniman Slovenia Ales Zupevc dengan arahan seniman AS yang berbasis di Jerman, Brad Downey.

Patung yang dibuat untuk memeriahkan pameran Downey di ibukota Ljubljana itu sekaligus bertujuan mengeksplorasi akar sejarah Melania di negara yang berlokasi di kawasan gunung Alpen itu.

Patung dari kayu pohon linden bergaya pedesaan itu tampak tidak menyerupai sosok Melania sehingga sempat menjadi keraguan dari galeri yang berlokasi di Ljubljana itu tentang keseriusan memamerkan patung itu.

"Mungkin kami hanya berusaha keras untuk memahami hal yang bisa jadi cuma lelucon iseng," demikian tertulis dalam selebaran tentang patung itu. "Siapa tahu?"

Baca juga: Menebak Melania Trump dari gaya berbusananya

Meskipun wajah patung itu masih terpahat kasar dan tidak dapat dikenali, sosok itu ditampilkan mengenakan mantel biru pucat sebagaimana dikenakan Melania saat pelantikan Donald Trump sebagai presiden AS.

Downey mengatakan dia ingin "berdialog dengan situasi politik negara saya" dan menyoroti status Melania Trump sebagai seorang imigran yang menikah dengan seorang presiden yang bersumpah untuk mengurangi imigrasi.

Sementara sang perupa, yang dikenal sebagai Maxi, lahir di rumah sakit yang sama dengan Melania Trump, pada bulan yang sama, dan sekarang lebih sering bekerja sebagai pelapis pipa.

"Mari kita hadapi," katanya dalam sebuah film pendek yang ditampilkan sebagai bagian dari pameran, "dia memiliki setengah dari Amerika sementara aku tidak punya apa-apa."

Baca juga: Jaket tandingan Melania Trump

Baca juga: Melania Trump kenakan jaket "Saya benar-benar tak peduli" kunjungi pusat penahanan anak

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019