counter

Info Haji

Kabupaten OKU Timur kloter pertama embarkasi haji Sumsel

Kabupaten OKU Timur kloter pertama embarkasi haji Sumsel

Jamaah calon haji kloter pertama Embarkasi Palembang sedang mendengarkan materi persiapan dari panitia pelaksana ibadah haji di Asrama Haji Palembang, Sabtu (6/7) (Antara News Sumsel/Aziz Munajar/19)

Palembang (ANTARA) - Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur menjadi kloter pertama embarkasi haji Palembang Sumatera Selatan yang akan berangkat ke tanah suci Mekkah melalui Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Minggu (6/7).

Kepala Kantor Kemenag Sumsel, Alfajri Zabidi di Palembang, Sabtu, mengatakan sebanyak 445 jamaah haji kloter pertama didampingi lima petugas haji akan dilepas langsung Gubernur Sumsel.

"Semua persiapan sudah selesai, berbagai pengecekan juga sudah selesai, pukul 10.00 WIB besok jemaah kloter pertama akan berangkat dari Bandara SMB II berangkat ke Madinah," ujar Alfajri saat mengecek kesiapan di Asrama Haji Palembang.

Jamaah asal OKU Timur kloter pertama berjumlah 356 jamaah berangkat bersama 86 jemaah haji KBIH serta didampingi tiga petugas.

Baca juga: Kloter pertama jamaah calon haji Sumsel masuk asrama

Menurutnya pada musim haji 2019, Embarkasi Palembang memberangkatkan 8.545 jamaah haji yang terdiri dari 7.195 jamaah asal Sumsel, 1.255 jemaah asal Bangka Belitung, dan 95 petugas pendamping.

Keberangkatan dibagi menjadi 19 kloter dimulai 7 Juli hingga 25 Juli 2019 pukul 10.00 WIB, kecuali pada 21 Juli jamaah dijadwalkan berangkat pukul 8.25 WIB.

Mengenai pelaksanaan haji, kata dia, terdapat perbedaan dari tahun 2018 berupa penerapan sistem zonasi jamaah saat pelaksanaan ibadah haji, jamaah dengan domisili asal yang sama dikumpulkan dalam satu lokasi.

"Jamaah asal Sumsel berkumpul di Raudhah bersama jamaah asal Jakarta, sistem zonasi ini pada dasarnya untuk memudahkan pengawasan dan diskusi jika terjadi kendala-kendala," demikian Alfajri.

Baca juga: Tim pelayanan embarkasi haji disiapkan Imigrasi Palembang
Baca juga: Petugas haji diharapkan mengetahui karakter jamaah
Baca juga: Jamaah haji Indonesia dapat menu makan khas Tanah Air

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

189 jamaah haji asal Kota Madiun tiba di kampung halaman

Komentar