Solo (ANTARA) - Sebanyak 639 penembak mengikuti lomba berbagai nomor dalam kejuaraan menembak terbuka IPSC Level III memperebutkan Piala Danjen Kopassus Cup Open Championship 2019 di Lapangan Tembak Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan Surakarta, Sabtu.

Pada perlombaan menembak terbuka yang banyak diikuti para penembak nasional tersebut dibuka langsung oleh Komandan Jenderal Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa di Markas Grup 2 Kopassssus Kandang Menjangan.

Menurut Danjen Kopassus Mayjen TNI
I Nyoman Cantiasa, pada kejuaraan menembak terbuka IPSC Level III mempebutkan Piala Danjen Kopassus Cup Open Championship 2019 di Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan ini, animo peserta luar biasa diikuti 639 penembak.

Menurut Danjen perlombaan menembak Piala Danjen Kopassus Cup Open Championship 2019 merupakan rangkaian HUT Ke-67 Kopassus pada April lalu yang tertunda.

"Karena kita masih melakukan kegiatan pemilu, sehingga waktunya mundur, khususnya lomba menembak ini. Lomba menembak ini baru bisa dilaksanakan setelah pengumuman Mahkamah Konstitusi (MK) dan pleno dari KPU," kata Danjen.

Danjen berharap melalui HUT Kopassus ini, dapat meningkatkan profesionalisme prajurit Kopassus dan senantiasa tangguh serta ada tip-tip dalam menghadapi tantangan global mendukung tugas pokok TNI.

Lomba menembak Danjen Kopassus ini, kata dia, sudah masuk kalender Perbakin. Hal ini, dapat disyukuri sudah menjadi kegiatan tahunan di Grup 2 Kopassus.

Kegiatan ini bisa terselenggara berkat kerja sama Perbakin Jateng, Polri, Kiky Shoting Club, Grup 2 Kopassus dan organisasi atau club-club tembak lainnya.

Danjen Kopassus menjelaskan olahraga menembak tersebut diharapkan dapat menjaring bibit-bibit penembak baru yang dapat disumbangkan menjadi atlet tembak nasional untuk menghadapi pertandingan berskala internasional di masa akan datang.

"Saya pernah Dankontingen lomba menembak Asian di Vietnam, Indonesia selama 15 tahun tidak pernah menang. Saya ditunjuk menjadi Dankontingen," katanya.

Danjen kemudian melihat ke belakang dengan mengecek para atletnya, mulai dari metode latihan, senjata, amunisi, dan ternyata banyak yang harus dievaluasi. Indonesia kemudian meraih 9 tropi dari 15 nomor yang dipertandingkan, serta diikuti sembilan negara.

"Indonesia, dalam lomba menembak hingga sekarang kokoh dan kuat tidak terkalahkan," katanya.

Sekretaris Lomba Tembak Terbuka IPSC Level III Piala Danjen Kopassus Cup Open Championship 2019 Munawir mengatakan sejumlah nomor tembak yang dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) mulai dilombakan dalam Lomba Tembak Kopassus ini.

Menurut dia, adanya penambahan nomor baru, sehingga sejumlah atlet PON banyak yang ikut dalam lomba guna mengukur prestasinya. Mereka bisa saling menjajaki calon lawan yang akan dihadapi dalam PON Papua tahun depan.

Pada lomba tembak terbuka Kopassus nomor-nomor yang dipertandingkan, antara lain Tembak Reaksi IPSC 12 stage, 2 gun champhionship (PCC- Rifle), Tembak Reaksi Non-Sertifikasi 5 Stage baik divisi pistol maupun revolver.

Pada perlombaan tersebut juga diperlombakan nomor tembak pistol eksekutif untuk perwira tinggi (Pati), perwira menengah (Pamen) tamu undangan VIP. Tembak Reaksi Airsoft 6 Stage Senapan (100 meter, 300 meter, 600 meter dan Tim). Nomor baru yang dilombakan senapan angin, siluet angin baik putra maupun putri, serta sepana PCP.

Penembak andalan Solo Roy Haryanto dari Kiky Shoting Club dan penasihat Perbakin Bambang Triatmojo juga hadir ikut meramaikan perlombaan tembak terbuka Danjen Kopassus tersebut. 




 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019