counter

Motorsport

MXGP jadi tontonan warga Palembang di akhir pekan

MXGP jadi tontonan warga Palembang di akhir pekan

Penonton yang tidak membeli tiket MXGP berupaya menonton di luar pagar pembatas, Sirkuit OPI Mall Palembang, Sabtu (6/7). (Antara News Sumsel/19/Dolly Rosana)

Palembang (ANTARA) - Ajang seri Kejuaraan Dunia Motocross Grand Prix MXGP menjadi tontonan warga Palembang, Sumatera Selatan di akhir pekan, Sabtu, yang merupakan hari pertama pelaksanaan kompetisi.

Penonton berasal dari berbagai wilayah Kota Palembang berdatangan ke kawasan Jakabaring untuk menyaksikan sekitar 40 orang crosser dunia dan 60 crosser nasional yang berlaga di nomor MX1 (MXGP) dan MX2, dan Kejuaraan Nasional Piala Gubernur Sumsel, 6-7 Juli 2019.

Raisa, warga Plaju Palembang mengatakan dirinya tertarik menonton balap motor ini karena ingin menyaksikan aksi crosser di lapangan.

Selain itu, momen MXGP yang hadir di saat libur sekolah juga dirasa sangat tepat. “Jadi saya ajak juga anak-anak,” kata dia.

Raisa mengatakan dirinya tidak kesulitan untuk mendapatkan tiket, karena panitia juga menyediakan loket penjualan di sekitar sirkuit. Berbekal uang Rp110.000 per tiket, Raisa berserta dua anaknya sudah mendapatkan kursi di tribun festival.

Di tribun festival itu, sudah ada puluhan penonton. Tribun tampak terisi penuh, berbeda dengan kondisi di tribun VIP A dan VIB yang hanya terisi separuhnya.

Keramaian rupanya bukan hanya terlihat di tribun penonton, tapi juga di kawasan paddock (garasi tim pembalap).

Beberapa stand produk tampak memeriahkan suasana, mulai dari tim KTM, Honda, Djarum Super, Wyndham Hotel, Triya, Pro Speed, KFC, Yamaha, OPI Indah Corner, Kopiko, Telkomsel, dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga panggung hiburan di tengah area paddock internasional itu.

Meski cuaca terik, tak menyurutkan masyarakat untuk berjalan-jalan di area paddock tersebut. Kesempatan itu juga dimanfaatkan salah satu merek produk otomotif untuk menggelar acara jumpa fans.

Salah satunya di stand KTM yang menampilkan dua pembalap kebanggaannya yakni Tom Vialle (Francis) dan Jorge Prado (Spanyol). Momen ini dimanfaatkan para fans untuk berswafoto dan sekaligus meminta tanda tangan.

Menjelang sore hari, saat nomor MX1 dan MX2 digelar sekitar pukul 15.00 WIB, kawasan jakabaring ini pun semakin ramai.

Cuaca juga sangat mendukung, karena sebelumnya kawasan ini sempat disiram hujan walau hanya sebentar, sehingga suasana terik sejak pagi telah berubah menjadi sejuk.

Kota Palembang untuk kali pertama menjadi tuan rumah MXGP setelah sebelumnya sejak 2017 hanya dipercayakan ke dua kota yakni Pangkal Pinang dan Semarang.

Kota Palembang yang pernah menjadi tuan rumah Asian Games tahun 2018 berharap seri MXGP ini akan terus dilaksanakan di kota ini pada tahun-tahun mendatang.

Baca juga: Tiga crosser nasional finis buncit sesi latihan bebas MXGP 2019

Baca juga: Cuaca diperkirakan cerah berawan pada hari pertama MXGP Palembang

Baca juga: Jadwal kegiatan hari pertama MXGP Palembang 2019


Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sirkuit MXGP di Jakabaring siap digunakan

Komentar