counter

Laporan dari China

Muslim Xi'an nikmati kebijakan toleransi di China

Muslim Xi'an nikmati kebijakan toleransi di China

Dua umat muslim masuk ke masjid untuk menjalankan ibadah shalat di Masjid Agung, di kawasan komunitas muslim di Xi'an, Cina, Sabtu (29/9/2018). Ini merupakan kawasan muslim terbesar di kota Xi'an dengan pemeluk Islam mencapai 80 persen dan merupakan salah satu komunitas muslim terbesar di Cina. ANTARA FOTO/Hermanus Prihatna/foc.

Masjid Agung Xi'an merupakan masjid terkuno dan terbesar dari 24 masjid yang ada di Xi'an
Xi'an, China (ANTARA) - Salah satu tokoh Muslim di Kota Xi'an, Provinsi Shiaanxi, Mengaku sangat menikmati kebijakan toleransi, khususnya dalam menjalankan agama, dari Pemerintah China.

"Warga Muslim di Xi'an ini sangat bahagia dalam menjalani kehidupan, baik di rumah, di masyarakat maupun saat ibadah di masjid," kata Wakil Imam Masjid Agung Xi'an Ma Quan Ying alias Muhammad Ibrahim kepada wartawan Indonesia di Kota Xi'an, China, Sabtu.

Ia mengemukakan bahwa Presiden Xi Jinping sangat memperhatikan kehidupan masyarakat Muslim Xi'an, termasuk pengembangan Masjid Agung yang terletak di Gang Hua Jue itu.

Masjid Agung Xi'an, kata dia, merupakan masjid terkuno dan terbesar dari 24 masjid yang ada di Xi'an. Karena itu banyak delegasi dari negara luar, termasuk Arab Saudi, datang untuk melihat masjid dan bertemu dengan para tokoh Muslim Xi'an.

Dia mengatakan bahwa Muslim di Xi'an mencapat 100.000-an orang. Mereka tinggal dan beraktivitas dalam satu kawasan di sekitar masjid yang terbuat dari kayu dan batu itu.

Saat ini, katanya, umat Muslim di Xi'an baru selesai menjalani liburan setelah ibadah puasa Ramadhan dan Idul Fitri dan sebentar lagi akan menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha, termasuk musim haji.

Terkait haji, ujarnya, Muslim di Xi'an mendapatkan jatah dari Arab Saudi dua kali lebih banyak dari negara lain. Kalau negara lain, setiap 1.000 penduduk mendapat jatah satu kuota, maka untuk Xi'an nendapatkan dua kuota.


Baca juga: Huimin Jie, "kauman" di tengah Kota Xi'an
Baca juga: Muslim Uighur juga bisa berlebaran

Pewarta: Masuki M. Astro
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sholat Jumat di masjid tertua di Xi'an

Komentar