counter

Piala Dunia Putri FIFA 2019

Swedia rebut peringkat ketiga usai tundukkan Inggris 2-1

Swedia rebut peringkat ketiga usai tundukkan Inggris 2-1

Para pemain tim nasional putri Swedia merayakan salah satu gol yang dicetak ke gawang Inggris dalam laga perebutan tempat ketiga Piala Dunia Putri 2019 di Stadion Allianz Riviera, Nice, Prancis, Sabtu (6/7/2019). (ANTARA/AFP/Valery Hache)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional putri Swedia merebut peringkat ketiga Piala Dunia Putri 2019 seusai menundukkan Inggris 2-1 di Stadion Allianz Riviera, Nice, Prancis, Sabtu.

Gelandang serang Kosovare Asllani dan pemain sayap Sofia Jakobsson mencetak dua gol kemenangan Swedia, sedangkan Inggris hanya bisa membalas lewat Francesca Kirby, demikian catatan laman resmi FIFA.

Keunggulan Swedia dibuka pada menit ke-11, ketika Alex Greenwood berusaha menyapu umpan silang kiriman Fridolina Rlfo namun hanya bisa membuang bola hingga ke kaki Asllani yang menanti di tepian kotak penalti dan melepaskan tembakan keras untuk mencetak gol ke gawang Inggris.

Jakobsson menggandakan keunggulan Swedia 11 menit kemudian saat ia menyelesaikan umpan kerja sama satu dua sentuhan bersama Stina Blacksteinus dengan tembakan melengkung yang melewati kapten Inggris Steph Houghton serta kiper Carly Telford ke dalam gawang.

Kirby mencetak gol balasan untuk Inggris pada menit ke-31 saat ia berhasil melewati hadangan Linda Sembrant sebelum melepaskan tembakan mendatar yang melesak ke sudut bawah gawang meninggalkan kiper Hedvig Lindahl terdiam tanpa reaksi.

Dua menit berselang, Inggris mengira berhasil menyamakan kedudukan saat Ellen White sukses menyambut umpan silang Bethany Mead dan menaklukkan Lindahl untuk menyarangkan bola ke gawang Swedia.

Namun, wasit Anastasia Pustovoitova memutuskan untuk meninjau tayangan ulang VAR dan menganulir gol itu karena bola terlebih dulu mengenai lengan White dalam proses terjadinya gol.

Skor 2-1 Swedia terus bertahan salah satunya berkat kesigapan Nilla Fischer menyapu bola tembakan voli Lucy Bronze tepat di garis gawang pada pengujung waktu normal.

Sebaliknya, Swedia juga berpeluang untuk membunuh laga lebih awal pada menit pertama masa injury time namun bola tembakan pemain pengganti Julia Zigiotti-Olme berhasil diselamatkan oleh Telford.

Swedia untuk ketiga kalinya berhasil jadi peringkat ketiga Piala Dunia Putri, setelah edisi 1991 dan 2011.

Baca juga: Hadapi AS di final, bintang Belanda berharap pulih dari cedera

Susunan pemain:

Inggris (4-1-4-1): Carly Telford; Lucy Bronze, Steph Houghton, Abbie McManus (Rachel Daly), Alex Greenwood; Jade Moore; Nikita Parris (Karen Carney), Jill Scott, Francesca Kirby, Bethany Mead (Jodie Taylor); Ellen White
Pelatih: Phil Neville

Swedia (4-2-3-1): Hedvig Lindahl; Hanna Glas, Nilla Fischer, Linda Sembrant, Magdalena Eriksson; Nathalie Bjorn (Amanad llestedt), Caroline Seger; Sofia Jakobsson, Kosovare Asllani (Julia Zigiotti-Olme), Fridolina Rolfo (Lina Huftig); Stina Blackstenius
Pelatih: Peter Gerhardsson

Baca juga: Kalahkan Swedia 1-0, Belanda ke final

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar