Jakarta (ANTARA) - Ribuan personel Kepolisian Republik Indonesia dan TNI menggelar olahraga bersama di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, dalam rangka merayakan Hari Bhayangkara.

Mereka mengenakan kaos seragam berwarna putih yang bagian depan ada sablon bertuliskan "Olahraga Bersama TNI-Polri dan masyarakat". Adapun bagian belakang kaos bertuliskan hastag "Dirgahayu Polri".

"Acara ini adalah bagian dari rangkaian peringatan Hari Bhayangkara yang ke-73, 1 Juli 1946 - 1 Juli 2019," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat menyampaikan kata sambutan di Monumen Nasional, Jakarta, Minggu.

Baca juga: TNI-Polri gelar olahraga bersama rayakan HUT Bhayangkara

Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri ikut olahraga bersama

Baca juga: Marching Band Akpol dan Akmil iringi ribuan peserta jalan sehat



Tito menjelaskan acara Hari Bhayangkara kali ini berbeda dari tahun sebelumnya, sebab digelar usai gejolak politik dan dinamika keamanan pemilihan umum.

"Akhir dari kegiatan itu (pengamanan pemilu) banyak kegiatan, terutama kegiatan kebersamaan dengan TNI dan masyarakat, karena bagi Polri, TNI adalah mitra yang paling penting dalam rangka menjaga stabilitas keamanan nasional Indonesia," ujarnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan bahwa kerjasama yang solid antara TNI-Polri dalam mengamankan Pemilu Serentak 2019 membuat masyarakat dapat kembali berbahagia dan berdiri tegak di dalam naungan demokrasi Indonesia.

"Selaku pimpinan Polri, saya sangat merasakan selama setahun ini dari 1 Juli 2018 hingga 1 Juli 2019, kerjasama inilah yang membuat kita semua bisa bergembira," tambahnya.

Kegiatan peringatan Hari Bhayangkara ini turut dihadiri Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Panitia menyediakan hadiah doorprize menarik untuk peserta gerak jalan mulai dari sepeda motor dan beragam hadiah menarik lainnya.

Kegiatan ini juga dimeriahkan jalan santai, drumben, artis-artis lokal ibu kota hingga senam zumba.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019