Paris (ANTARA) - Presiden Prancis Emmanuel Macron pada Sabtu (6/7) mengatakan kepada timpalannya dari Iran bahwa ia sangat prihatin mengenai bertambah lemahnya kesepakatan nuklir 2015 dan memperingatkan mengenai konsekuensi yang tak terelakkan dari tindakan semacam itu.

Macron berbicara dengan Presiden Iran Hassan Rouhani sehari sebelum Iran dijadwalkan meningkatkan kemurnian pengayaan uranium di atas batas yang ditetapkan oleh kesepakatan Iran dengan negara besar.

"Presiden mengingatkan keprihatinannya yang mendalam mengenai resiko akibat makin lemahnya kesepakatan nuklir 2015, dan konsekuensi tak perlu yang akan mengikutinya," kata satu pernyataan yang dikeluarkan presiden Prancis tersebut, sebagaimana dikutip Reuters --yang dipantau Antara di Jakarta, Ahad.

Tidak jelas konsekuensi apa yang sesungguhnya dirujuk oleh pernyataan tersebut.

Para pejabat di kantor Macron tidak menanggapi permintaan penjelasan.

Para diplomat Eropa telah mengatakan pelanggaran lebih lanjut terhadap kesepakatan itu dapat membuat semua pihak Eropa dalam kesepakatan tersebut --Prancis, Jerman dan Inggris-- memicu sengketa mekanisme penyelesaian mengenai kesepakatan tersebut, yang akhirnya bisa mengarah kepada penerapan lagi sanksi PBB. 

Pengumuman yang disampaikan Iran dikeluarkan pada saat peningkatan tajam bentrokan AS-Iran, setahun setelah Washington keluar dari kesepakatan itu dan memberlakukan lagi sanksi yang telah dicabut berdasarkan kesepakatan tersebut sebagai imbalan bagi pengekangan Teheran atas program nuklirnya.

Iran telah menuntut Eropa berbuat lebih banyak untuk menyelamatkan kesepakatan tersebut dengan menjamin Iran memperoleh manfaat ekonomi, terutama penghasilan minyak yang sangat diperlukannya, yang telah secara khusus dijadikan sasaran oleh Amerika Serikat.

Baca juga: Prancis, Jerman, Inggris kompak peringatkan AS soal kesepakatan nuklir Iran

Macron, yang sangat ingin membiarkan pintu terbuka bagi dialog, mengatakan meskipun ada tenggat 7 Juli, ia telah sepakat dengan Rouhani untuk mencari antara saat ini dan 15 Juli kondisi yang "memungkinkan dilanjutkannya dialog antara semua pihak".

Pernyataan tersebut tidak menjelaskan mengapa 15 Juli atau memberi penjelasan lebih jauh.

Pernyataan dari pihak Rouhani tampaknya tidak menyatakan Iran bersedia bagi dialog semacam itu kecuali semua sanksi yang dijatuhkan atas Iran dicabut.

Sumber: Reuters

Baca juga: Presiden Prancis akan bahas Suriah, Iran, Ukraina dengan Putin

Baca juga: Macron kepada Netanyahu: Prancis setia pada pakta nuklir Iran

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2019