Bandung (ANTARA) - Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Wilayah  Kementerian Agama Jawa Barat, Ajam Mustajam mengatakan saat ini jamaah calon haji (JCH) kloter pertama dari Kabupaten Bogor sudah diberangkatkan menuju Tanah Suci.

"Sekarang sedang antri naik pesawat itu kloter 02, Kabupaten Cianjur," kata Ajam di Asrama Embarkasi Bekasi, Ahad.

Dia menuturkan, sejauh ini proses pemberangkatan JCH berjalan dengan lancar. Proses yang berkaitan dengan keberangkatan, kata dia, seperti penyerahan dokumen dan pemberangkatan dari asrama tidak ada hambatan.

"Proses pemberangkatan dari asrama dan pemberangkatan dari soekarno hatta itu alhamdulillah berjalan baik," kata dia.

Sesuai dengan sistem zonasi yang diberlakukan pada haji tahun ini, kata dia, JCH asal Jawa Barat akan terpusat di penginapan daerah Misfalah, Mekkah, Arab Saudi.

"Ini suatu penyediaan yang luar biasa, sesama warga Jabar itu bisa berkumpul di satu daerah," katanya.

Berdasarkan data Kanwil Kemenag Jawa Barat, jumlah anggota jamaah calon haji Jawa Barat tahun 2019 terdiri atas sebanyak 38.913 orang yang terbagi dalam 97 kloter.

Selain itu, katanya, ada sebanyak 285 Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan sebanyak 485 petugas kloter dari kesehatan sehingga secara keseluruhan jamaah yang berangkat ke Tanah Suci untuk berhaji 39.683 orang.

Dengan demikian, Ajam berharap kepada masyarakat dapat kooperatif dengan petugas agar ibadah haji bisa berjalan lancar. Selain itu ia menyampaikan kepada JCH, setelah menunaikan ibadah haji agar menjauhi sifat kesombongan

"Saya bersyukur dan berterimakasih ke semua pihak, Dirjen Haji dan PT. Angkasa Pura bahwa pelayanan di bandara Soekarno Hatta itu ada peningkatan yang luar biasa," kata Ajam.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019