wajib waspada karena cuaca di Arab Saudi sangat panas sampai 50 derajat Celcius
Makassar (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hasanuddin Makassar mulai memberangkatkan kelompok terbang (kloter) I jamaah calon haji (JCH) asal Makassar.

"Sesuai dengan jadwal, untuk kloter satu hari ini, Minggu (7/1) akan mulai diterbangkan ke Jeddah, Arab Saudi," ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan Anwar Abubakar di Makassar, Minggu.

Ia mengatakan JCH yang tergabung dalam kelompok terbang I ini semuanya berasal dari Makassar dan mereka diterbangkan setelah melalui proses karantina selama 24 jam di Asrama Haji Siang Makassar.

Dia mengatakan, sebelum pelepasan JCH di asrama haji terlebih dulu sudah menjalani pemeriksaan kesehatan dan kesiapan dokumennya juga sudah lengkap.

"Alhamdulillah semua berjalan lancar, termasuk kesiapan pesawat Garuda Indonesia Airlines yang mengangkut jamaah yang acara pelepasannya turut dihadiri pihak manajemen maspakai Garuda," katanya.

Sebelumnya, saat penerimaan JCH ini pihaknya memberikan beberapa pemberitahuan di antaranya mengenai kondisi cuaca di Arab Saudi yang suhunya sangat panas.

"Seluruh jamaah yang akan menunaikan ibadah haji agar wajib waspada karena cuaca di Arab Saudi sangat panas sampai 50 derajat Celcius," katanya.

Anwar menambahkan JCH harus bisa menjaga kesehatan karena kloter pertama ini akan lama di Arab Saudi sebelum prosesi ibadah haji. JCH wajib mengatur waktu sebaik mungkin selama berada di Arab Saudi.

"Kita juga berharap kepada seluruh jamaah untuk bisa menyempurnakan ibadah seperti saat mereka berada di daerah," jelasnya.


Baca juga: JCH Pasangkayu diberangkatkan ke Embarkasi Makassar menggunakan bus
Baca juga: Fasilitas baru jamaah calon haji di Tanah Suci dipaparkan Menag
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019