counter

MotoGP

Satu dekade supremasi Marquez di Sachsenring

Satu dekade supremasi Marquez di Sachsenring

Pebalap Hondal Repsol Marc Marquez melakukan selebrasi diatas podium setelah memenangkan kejuaraan balap motor MotoGP Jerman Grand Prix di Sachsenring, Hohenstein-Ernstthal, Jerman, Minggu (7/7/2019). REUTERS/Annegret Hilse/djo/AWW (REUTERS/ANNEGRET HILSE)

Jakarta (ANTARA) - Marc Marquez (Repsol Honda) melanjutkan dominasinya di Sirkuit Sachsenring, Jerman, dengan membukukan kemenangan sepuluh kali beruntunnya di sana.

Pebalap asal Spanyol itu tak mendapatkan perlawanan berarti untuk menyentuh garis finis pertama 4,587 detik di depan rival terdekatnya Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP), demikian laman resmi MotoGP.

Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol), yang start dari P6 melengkapi podium GP Jerman pada peringkat tiga.

Ini adalah kemenangan kesepuluh secara beruntun Marquez di Sachsenring pada semua kelas yang tujuh di antaranya diraih pada kelas premier. Rekor sempurna yang juga diraihnya lewat sepuluh kali start dari pole position di sana.

Marquez juga menyamai rekor kemenangan di satu sirkuit yang dipegang Valentino Rossi di Sirkuit Mugello dengan tujuh kemenangan pada kelas premier.

"Bukan start yang bagus tapi ketika di tikungan pertama aku mengerem lambat," kata Marquez seperti dikutip Reuters.

"Hanya itu rencanaku, dua lap lambat untuk memanaskan dengan baik ban depan khususnya, dan kemudian menekan. Dan itu lah persisnya yang aku lakukan, semua sesuai dengan rencana. Dan sedikit demi sedikit aku membuka jarak dan ketika unggul tiga detik aku bertahan di sana."

"Pada akhirnya aku hanya menikmati balapan, memikirkan saudaraku, (Alex, yang menjadi juara Moto2 di Jerman)."

Marquez merayakan kemenangannya di pinggir trek bersama penggemarnya dan kembali ke pit dengan menarik balon pesta berbentuk angka 10.

Baca juga:Fakta dan Statistik GP Jerman
Baca juga:Cedera dua lengan tak hentikan Quartararo tantang Marquez di GP Jerman


Marquez meraih kemenangan pertamanya di sirkuit yang terletak dekat kota Chemnitz itu pada 2010 ketika dia berlomba pada kelas 125 cc (sekarang Moto3) kemudian dua tahun setelahnya menang dalam kelas Moto2 hingga tujuh kemenangan terakhir pada kelas MotoGP.

Sementara itu Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) yang mengincar podium ketiganya musim ini terjatuh di Tikungan 3 ketika balapan baru berjalan dua putaran.

Pebalap asal Prancis itu start dari P2 namun melorot hingga ke P7 pada awal lap kedua sebelum terjatuh.

Pada awal lomba Alex Rins (Suzuki Ecstar) menjadi penantang utama Marquez setelah melewati Viñales untuk posisi dua.

Namun Marquez terlalu dominan dengan memperlebar jarak hingga tiga detik dari rival terdekatnya pada separuh balapan sepanjang 30 putaran itu.

Harapan Rins sirna ketika dia terjatuh di Tikungan 11 saat balapan menyisakan 11 putaran. Ini merupakan kali kedua beruntun, setelah Assen, bagi pebalap asal Spanyol itu terjatuh dan gagal finis.

Marquez pun melenggang tanpa perlawanan untuk merebut kemenangan kelimanya musim ini.

Vinales dan Crutchlow terlampau jauh dari pimpinan lomba dengan putaran yang tersisa.

"Pada beberapa lap terakhir aku mengalami kendala dengan ban belakang dan aku kira Maverick bisa mengalaminya, tapi dia membalap dengan baik dan aku senang dia bisa meraih tempat kedua dan aku naik podium hari ini," kata Crutchlow.

Danilo Petrucci (Ducati Team) menjadi pebalap tercepat yang finis di P4 setelah rekan satu timnya, Andrea Doviziozo dan Jack Miller (Pramac Racing)  yang berurutan finis P5 dan P6.

Sepanjang lomba, Dovi mendapati perlawanan ketat dari dua pebalap Ducati lainnya, Danilo Petrucci, rekan satu tim, yang finis di P5 dan Jack Miller (Pramac Racing) pada peringkat tujuh.

Sementara itu Valentino Rossi (Monsters Energy Yamaha MotoGP) tak berkutik di belakang pebalap rookie Joan Mir (Suzuki Ecstar) untuk finis P8.

Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) finis P9, sedangkan Stefan Bradl yang menggantikan Jorge Lorenzo (Repsol Honda) yang cedera finis pada peringkat 10 besar.

Dengan hasil itu Marquez semakin kokoh di puncak klasemen dengan 185 poin diikuti Dovizioso pada peringkat dua dengan 127 poin hingga balapan kesembilan dari total 19 balapan musim ini.

Danilo Petrucci menguntit pada peringkat tiga dengan 121 poin, diikuti Rins pada peringkat empat dengan 101 poin.

Viñales menjadi pebalap Yamaha dengan poin terbanyak pada peringkat lima dengan 85 poin, unggul lima poin dari Rossi pada peringkat enam.

Jack Miller memimpin klasemen pebalap tim independen dengan 70 poin, unggul tiga poin dari Quartararo dan Cal Crutchlow.

Setelah libur musim panas, balapan seri kesepuluh MotoGP akan dilanjutkan di Sirkuit Brno, Republik Ceko pada 4 Augustus.

Baca juga:Hasil GP Jerman dan klasemen pebalap
Baca juga:Marquez raih kemenangan kesepuluh beruntun di Jerman
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pengamanan khusus untuk pembangunan sirkuit MotoGP

Komentar