counter

Liga Spanyol

De Jong buka rahasia mengapa pilih Barcelona

De Jong buka rahasia mengapa pilih Barcelona

Pemain baru Barcelona, Frenkie de Jong. (REUTERS/ALBERT GEA)

Barcelona, Spanyol (ANTARA) - Bintang baru Belanda Frenkie de Jong mengungkapkan bahwa janji Barcelona untuk menjadikannya "pemain kunci" telah meyakinkan dia untuk menandatangani kontrak bermain untuk raksasa Katalunya itu lama tahun ini. Dia mengungkapkan hal ini ketika diperkenalkan di Camp Nou, Jumat waktu setempat.

Gelandang berusia 22 tahun itu membuat banyak pihak terpesona setelah Ajax menjuarai liga utama Belanda Eredivisie dan mencapai semifinal Liga Champions musim silam.

Barcelona sudah mengumumkan pembelian De Jong pada Januari dalam harga 75 juta euro untuk durasi lima tahun mulai 1 Juli 2019.

"Tentu saja saya memikirkan klub-klub lain yang tertarik, tetapi itu proses yang normal," kata dia seperti dikutip AFP.

"Saya pertimbangkan opsi-opsi saya yang merupakan terbaik untuk saya, Barcelona datang menemui saya, mereka meyakinkan saya...Keputusannya gampang bagi saya. Mereka bilang mereka menaruh kepercayaan kepada saya, bahwa mereka menganggap saya akan menjadi pemain kunci untuk Barca di masa nanti."

Baca juga: Frankie de Jong berharap de Ligt ikuti jejaknya gabung ke Barcelona

Juara liga Spanyol itu memang sedang berusaha memperkuat diri setelah kalah menyakitkan pada semifinal Liga Champions melawan Liverpool, dan presiden Josep Maria Bartomeu juga menyatakan Jumat itu bahwa mereka sudah berunding dengan Atletico Madrid untuk mendapatkan penyerang timnas Prancis Antoine Griezmann.

De Jong menganggap bermain bersama pemain-pemain terbaik di dunia, seperti peraih Ballon d'Or lima kali Lionel Messi, akan membantunya berkembang.

"Tentu saja, dia (Messi) adalah yang terbaik," kata de Jong. "Saya senang sekali bisa bermain bersama dia dan saya juga menantikan bermain bersama seluruh tim itu. Semua pemain di sini sungguh berbakat, tidak hanya Messi."

Dia memperpanjang daftar pemain Belanda yang bermain Barcelona yang sudah diawali oleh Johan Cruyff yang juga dari Ajax, sebagai pemain pada 1973 dan sebagai pelatih pada 1988.

"Belanda dan Barcelona punya hubungan yang kuat," sambung de Jong. "Ini menyangkut bermain dalam cara yang sama dengan filosofi Ajax dan Barca, yang bagi saya sungguh hebat."

De Jong menjadi andalan Ajax musim lalu dengan mencetak tiga gol dari 52 penampilan, selain menjadi andalan timnas Belanda asuhan Ronald Koeman dengan sudah sembilan kali menyandang cap internasional.

Baca juga: Atletico tuduh Barcelona lakukan pendekatan ilegal terkait Griezmann

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kacamata Berbingkai Kayu Yogyakarta Yang Mencapai Barcelona

Komentar