Jakarta (ANTARA) - Klub basket NBA Golden State Warriors berencana memensiunkan nomor punggung 9 yang selama enam musim terakhir dikenakan oleh Andre Iguodala dan menggantungnya di langit-langit Chase Center, kandang baru tim itu.

Hal itu disampaikan CEO Warriors Joe Lacob dalam pengumuman resmi mengenai kesepakatan pertukaran Iguodala ke Memphis Grizzlies lewat akun twitter resmi mereka, @warriors, pada Senin dini hari WIB.

Dalam pengumuman itu, Warriors menyampaikan terima kasih atas sumbangsih Iguodala termasuk dalam meraih tiga gelar juara NBA dalam lima musim terakhir.
"Jika melihat dalam enam tahun terakhir, kami terlihat meremehkan perannya di tim kami, baik di dalam lapangan maupun di ruang ganti," kata Lacob.

"Kami berterima kasih kepada Andre atas seluruh kontribusinya dan tak sabar melihat nomor punggungnya digantung di langit-langit Chase Center," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Iguodala "dibuang" Warriors ke Grizzlies

Warriors akhirnya menukarkan Iguodala dan satu hak pilih NBA Draft masa mendatang ke Grizzlies, ditukar dengan Julian Washburn, demi mengosongkan ruang gaji dalam upaya mereka merekrut pemain bintang D'Angelo Russell.

Iguodala tampil dalam 413 pertandingan musim reguler bersama Warriors dengan rata-rata mencetak 7,3 poin, 3,9 rebound, 3,4 assist dan 1,08 steal.

Ia menjadi sosok penting dalam keberhasilan Warriors menjuarai NBA 2015, bahkan menyabet gelar Pemain Terbaik (MVP) Final kala itu.

Akan tetapi peran Iguodala perlahan dikikis usianya yang menua dan kedatangan pemain bintang Kevin Durant, yang menjadi tulang punggung Warriors ketika menjuarai NBA 2017 dan 2018.

Baca juga: Looney bertahan di Warriors dalam kontrak 15 juta dolar

Baca juga: Bucks boyong kakak Giannis Antetokounmpo

Baca juga: Lakers resmi umumkan kehadiran Anthony Davis

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2019