Boyolali (ANTARA) - Putra pertama Sutopo, Muhammad Ivanka Rizaldy Nugroho, mengenang kebaikan mendiang ayahnya, Sutopo Purwo Nugroho, yang terakhir menjabat sebagai Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Bapak orangnya paling berdedikasi yang saya tahu. Yang dia lakukan untuk sesuatu yang lebih besar," kata Ivanka usai mengikuti upacara pemakaman ayahnya di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sasonolayu Boyolali, Senin.

Ia mengatakan ayahnya merupakan orang yang jujur dan selalu bersikap baik kepada orang lain.

"Ayah selalu membagi sesuatu yang dia punya. Beliau juga sangat penyayang pada keluarga, pemaaf, baik, dan penyabar," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengenang Sutopo merupakan orang yang luar biasa.

"Beliau menyampaikan banyak hal, bukan hanya tentang kebencanaan. Saya tadi terharu di rumah beliau, ketemu anaknya, saya peluk anaknya. Anaknya berbisik sekarang ayah tidak sakit lagi. Ini suatu bentuk ketabahan yang diturunkan oleh sosok Sutopo kepada keluarganya," katanya.

Ia mengatakan keseharian Sutopo bukan hanya mengajarkan tentang dedikasi dan sikap profesional terhadap pekerjaan tetapi juga ketabahan.

"Bukan hanya kebencanaan tetapi juga menyampaikan pesan bahwa 'saya sakit, saya bekerja'," katanya.

Sebelumnya, Sutopo dinyatakan meninggal dunia usai menjalani pengobatan kanker paru stadium 4 di Asia RS Modern Guangzhou, Tiongkok sejak satu bulan lalu.

Baca juga: Jenazah Sutopo tiba di rumah duka Boyolali

Baca juga: BNPB: Sutopo contoh pengabdian pada negara

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019