Sepak Bola Dunia

Taklukkan AS, Meksiko juara CONCACAF delapan kali

Taklukkan AS, Meksiko juara CONCACAF delapan kali

Penjaga gawang Meksiko Guillermo Ochoa (13) merayakan keberhasilan timnya mengalahkan Amerika Serikat pada final Piala Emas 2019. ANTARA/REUTERS/USA TODAY Sports/Quinn Harris/pri

Jakarta (ANTARA) - Jonathan dos Santos mencetak gol tunggal ketika Meksiko mengalahkan Amerika Serikat 1-0 guna menjuarai Piala Emas CONCACAF untuk kedelapan kalinya.

Dalam pertandingan final di Solidier Field, Chicago, AS, yang disaksikan lebih dari 62 ribu penonton, dos Santos, pemain tengah klub Los Angeles Galaxy, mencetak gol pada menit ke-73, memanfaatkan umpan Raul Jimenez.

Kemenangan ini menambah catatan sukses Meksiko yang kini sudah delapan kali meraih trofi kejuaraan sepak bola antarnegara Amerika Utara, Tengah dan Karibia itu yang digelar sejak 1991.

Sementara bagi Amerika Serikat, kekalahan ini menyebabkan tim asuhan Gregg Berhalter tidak dapat mengikuti jejak tim putrinya yang sukses menjuari Piala Dunia Putri setelah mengalahkan Belanda pada pertandingan final beberapa jam sebelumnya di Prancis.

Seperti dipantau AFP, dalam pertandingan ini, Amerika Serikat sebenarnya banyak mendapat peluang, namun gagal mencetak satu gol pun.

Baca juga: Penalti Jimenez antar Meksiko tembus final Piala Emas

Di antara peluang AS adalah pada awal babak pertama ketika Christian Pulisic mendapat umpan dari Jozy Altidore.

Namun tembakan pemain Chelsea yang sudah berdiri bebas itu justru mengarah tepat ke kiper Guillermo Ochoa.

Peluang kembali didapat AS pada menit ke-51 ketika Jordan Morris menyundul bola hasil umpan sepak pojok Pulisic. Namun pemain Meksiko Andres Guardado dapat menghalau bola di garis gawang.

Meksiko yang mulai dapat menguasai lapangan tengah memanfaatkan momen penting pada menit ke-73 ketika Jimenez, pemain depan klub Wolverhampton Wanderers, mengirim umpan dengan tumitnya kepada dos Santos.

Tengangan lengkung dos Santos menyasar sudut atas gawang AS dan gagal dijangkau kiper Zack Steffen.

Skor 1-0 bertahan hingga akhir pertandingan.

Baca juga: AS ke final Piala Emas setelah singkirkan Jamaika

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Perayaan Hari Kematian di Meksiko tak terhenti karena pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar