Ada sebanyak tujuh kloter dari 19 kloter yang tergabung di Embarkasi Banjarmasin, yang masuk penerbangan gelombang pertama dan langsung ke Kota Madinah
Banjarmasin (ANTARA) - Kelompok terbang (kloter) pertama calon haji Embarkasi Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan sudah memasuki asrama haji untuk keberangkatan pada 9 Juli 2019 ke Arab Saudi melalui Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin.

Menurut Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalsel, H Noor Fahmi di Asrama Haji Banjarmasin, Senin, ada sebanyak 320 orang calhaj beserta petugas haji untuk kloter pertama yang masuk asrama haji ini.

"Sekitar pukul 13.30 WITA, seluruh calhaj kloter pertama sudah masuk asrama haji, semuanya langsung ke aula," katanya.

Setelah itu, kata dia, para calhaj diperiksa kesehatannya sebelum memasuki penginapan di asrama haji.

"Selain itu, juga koper-koper mereka diperiksa agar tidak ada membawa barang yang dilarang bagi penerbangan dan masuk ke Arab Saudi," ujarnya.

Selama di asrama haji ini, katanya, para calhaj juga akan mengikuti berbagai kegiatan, yakni, manasik haji untuk pemantapan.

"Besoknya (Selasa, 9/7) sekitar pukul 12.20 WITA mereka dijadwalkan mulai diterbangkan ke Arab Saudi, yakni, langsung menuju Ke kota Madinah," katanya.

Ia menambahkan ada sebanyak tujuh kloter dari 19 kloter yang tergabung di Embarkasi Banjarmasin, yang masuk penerbangan gelombang pertama dan langsung ke Kota Madinah.

"Sisanya masuk keberangkatan gelombang kedua, itu langsung ke Kota Makkah nantinya," katanya.

Rencananya, kata dia,  penerbangan kloter pertama ini akan dilepas Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

Selanjutnya, secara  bertahap dari tanggal 9 Juli hingga 4 Agustus 2019 sebanyak 19 kloter akan diterbangkan dengan maskapai Garuda Indonesia.

"Embarkasi daerah kita juga menerbangkan para calhaj dari Kalteng, dari sembilan belas kloter itu, enam kloter dari Kalteng," katanya.

Sementara itu, jumlah calhaj Kalsel yang berangkat haji tahun ini dari 13 kloter sebanyak 4.136 orang, demikianNoor Fahmi.

Baca juga: Jamaah haji Kalsel yang berangkat tahun ini 4.000 lebih

Baca juga: 86 lansia masuk kuota tambahan haji Kalsel

Baca juga: Nenek Hawariah calon haji tertua asal Banjarmasin

Pewarta: Sukarli
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019