Dari data yang ada, untuk jumlah Calhaj asal Kalbar pada tahun ini sebenarnya ada sebanyak 2.763 orang. Namun, sampai saat ini masih ada 22 orang yang belum bisa melunasi biaya hajinya, sehingga jumlah yang pasti berangkat sebanyak 2.741 orang
Pontianak (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah (Kemenag) Kalimantan Barat Ridwansyah mengatakan saat ini pihaknya sedang mematangkan persiapan keberangkatan 2.741 Calon Haji (Calhaj) asal Kalimantan Barat.

"Saat ini kita terus mematangkan persiapan keberangkatan Calhaj Kalbar, dimana jumlahnya mencapai 2.741 orag," kata Ridwansyah di Pontianak, Senin (8/7).

Ia menjelaskan, dari data yang ada, untuk jumlah Calhaj asal Kalbar pada tahun ini sebenarnya ada sebanyak 2.763 orang. Namun, sampai saat ini masih ada 22 orang yang belum bisa melunasi biaya hajinya, sehingga jumlah yang pasti berangkat sebanyak 2.741 orang.

Dalam waktu dekat, katanya, pihaknya akan melaksanakan kegiatan Manasik Haji untuk tingkat provinsi, setelah semua jamaah berkumpul di asrama haji Pontianak.

"Hari ini kita juga sudah menggelar rapat dengan beberapa pihak terkait untuk mematangkan keberangkatan jamaah calon haji kita. Salah satunya dengan pihak dinas kesehatan, untuk memastikan proses pemeriksaan kesehatan jamaah kita," tuturnya.

Menurut dia, saat musim haji nanti, kondisi cuaca di Mekkah dipastikan akan panas, sehingga dia meminta kepada para jamaah untuk mempersiapkan diri dengan baik, terutama untuk menjaga kesehatan.

Baca juga: Calhaj kloter pertama masuk asrama Embarkasi Banjarmasin

"Kita meminta jamaah untuk bisa menjaga kesehatan mereka dan segera menyelesaikan persyaratan administrasi, bagi yang belum. Kembali juga kita ingatkan agar jamaah tidak banyak membawa bekal, seperti makanan dan sebagainya, mengingat berbagai kebutuhan jamaah sudah dipersiapkan di Arab Saudi, jadi jamaah tidak usah repot-repot membawa beras dan sebagainya," katanya.

Ridwan mengatakan, sesuai dengan jadwal yang ada, Jamaah Calon Haji asal Kalbar akan masuk asrama untuk kloter 11 pada tanggal 13 Juli mendatang. Kemudian pada 14 Juli jamaah bertolak ke Batam dan pada 15Juli dari Batam menuju Arab Saudi.

"Jadi sampai saat ini kita terus mematangkan persiapannya, agar tidak terjadi kendala, mengingat jamaah haji kita cukup banyak pada tahun ini, setelah adanya penambahan kuota dari pemerintah Arab Saudi," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji juga memastikan bahwa proses persiapan jelang pemberangkatan Jamaah Calon Haji asal Kalbar dapat berjalan dengan baik.

"Mudah-mudahan seperti tahun lalu tidak ada kendala. Saya rasa tahun ini pendampingnya Insya Allah lebih siap lah," kata Sutarmidji.

Baca juga: Jamaah calon haji diimbau jaga kesehatan
Baca juga: Tiga calhaj Babel batal berangkat haji
Baca juga: 405 calon haji Kota Tasikmalaya diberangkatkan ke embarkasi

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019