Untuk lokasi ziarah mereka di Masjid Quba, masjid kiblatain, bukit uhud dan kebun kurma,
Kota Pekanbaru (ANTARA) -
Sebanyak 448 Calon Haji (Calhaj) kloter dua embarkasi Batam, asal Pekanbaru, Riau, melakukan kegiatan ziarah di sekitar Kota Madinah aL munawarah pada Senin (8/7).

"Untuk lokasi ziarah mereka di Masjid Quba, masjid kiblatain, bukit uhud dan kebun kurma," kata Pranata humas ahli, Kanwil Kemenag Riau Vethria Rahmi di Pekanbaru, Senin (8/7).

Menurut Vethria seperti dilaporkan Dahlan PPIH Arab Saudi, para jamaah akan diangkut dengan menggunakan bus yang sudah disiapkan oleh muassasah alias gratis. Jamaah berangkat pagi, setelah sarapan dan akan berakhir menjelang solat zuhur.

Baca juga: Hari pertama kloter 2 Batam asal Pekanbaru sudah laksanakan Arbain

Ia mengatakan, para panitia PPIH Arab Saudi, Ketua kloter termasuk TPIH mengimbau jamaah agar selalu tepat waktu untuk berkumpul kembali, bisa shalat zuhur dan tidak mengurangi shalat arbainnya.

"Selain itu jamaah agar selalu menggunakan masker dan membawa air minum mengingat suhu yang cukup panas mencapai 46 °C. Bagi jamaah yang sakit dan uzur kalau tidak kuat sebaiknya tidak perlu memaksakan diri untuk ikut," katanya.

Sedikitnya tercatat ada sebanyak 21 jamaah yang tidak ikut ziarah, dua diantaranya karena uzur dan 19 lainnya karena melakukan kegiatan lainnya di Masjid Nabawi. Jamaah kloter 2 BTH tengah melakukan ziarah di Bukit Uhud.

Sementara itu, semua hotel jamaah haji di Madinah dipastikan tidak berada jauh dari Masjid Nabawi. Paling jauh jaraknya berada setengah kilometer (km) dari masjid tersebut demi mempermudah jamaah dalam beribadah. 

Baca juga: 450 JCH Inhil diterbangkan ke embarkasi haji Batam
 

Pewarta: Frislidia
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019