Jakarta (ANTARA) - Produsen perangkat penyimpanan data yang mengakuisisi SanDisk pada 2016, Western Digital, menawarkan solusi pencadangan (backup) data dengan mudah melalui dua produknya, SanDisk Dual Drive dan iXpand Flash Drives.

Pencadangan data penting agar data-data penting baik pada ponsel pintar maupun PC bisa tetap terjaga dan tersimpan dengan baik, namun sebagian orang jarang melakukannya karena menganggap prosesnya rumit serta memakan waktu.

“Proses backup data bukanlah sesuatu yang rumit atau makan waktu, kalau bisa gampang kenapa harus dibuat sulit,” kata Direktur Penjualan Regional Western Digital, Amy Tan, dalam satu acara di Jakarta, Senin.

Baca juga: MicroSD 1 terabyte sudah tersedia, bisa buat ponsel

Amy mengatakan, untuk membantu pengguna mengelola dan membuat pencadangan data dengan mudah dan cepat, Western Digital menawarkan solusi mobile storage melalui produk merek SanDisk, yaitu SanDisk Dual Drive untuk Android dan iXpand Flash Drives untuk iOS Apple.

Solusi mobile storage SanDisk dirancang untuk membantu pengguna memaksimalkan memori internal ponsel pintar. Pengguna hanya perlu menyambungkan ponsel mereka dengan USB OTG SanDisk Dual Drive atau iXpand Flash Drive untuk memindahkan data baik foto, file, maupun video.

Baca juga: SanDisk luncurkan flash drive khusus Apple

Dengan aplikasi SanDisk Memory Zone dan iXpand Drive, pengguna bisa membuat pencadangan data dengan cepat dan memindahkannya ke komputer atau ponsel jika dibutuhkan.

“Pengguna bahkan dapat mengatur agar aplikasi melakukan backup secara otomatis untuk file-file penting setiap kali USB OTG dihubungkan dengan smartphone, sungguh praktis,” kata Amy.

Selain menyimpan dan melindungi data di smartphone, aplikasi SanDisk Memory Zone dan iXpand Drive App juga dapat menyimpan dan untuk melakukan backup berbagai konten dari media sosial.

Baca juga: Hanya sepertiga pengguna ponsel Indonesia yang backup data teratur

Pewarta: Galih Pradipta
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2019