London (ANTARA) - Menteri Perdagangan Inggris, Senin, menuturkan akan menyampaikan permintaan maaf kepada putri Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Ivanka atas bocornya memo rahasia duta besar Inggris yang menggambarkan pemerintah AS "tak berguna" dan "tak layak".

Memo dari Kim Darroch, Duta Besar Inggris untuk Washington, bocor ke surat kabar pada Minggu. Hal tersebut menjengkelkan Trump dan memicu tuntutan terhadap pihak Inggris untuk mencari tahu siapa yang telah membocorkan memo tersebut.

Menteri perdagangan Liam Fox, yang sedang mengunjungi Washington, mengatakan kepada radio BBC bahwa dirinya akan meminta maaf kepada putri presiden Ivanka, yang akan ditemuinya selama kunjungan.

"Saya akan meminta maaf atas fakta bahwa baik pegawai negeri kami atau elemen kelas politik kami tidak sesuai harapan yang kami ataupun Amerika Serikat memiliki tentang perilaku mereka, yang dalam kasus ini telah terjerumus dalam cara yang paling luar biasa dan tak dapat diterima" kata dia.

"Kebocoran berbahaya ini tidak profesional, tidak etis, tidak patriotik dan memang dapat merusak kemitraan yang berimbas pada kepentingan keamanan kami."

Sumber: Reuters

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Eliswan Azly
Copyright © ANTARA 2019