Info Haji

Dinkes Babel minta calhaj perbanyak minum air

Dinkes Babel minta calhaj perbanyak minum air

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulyono (ANTARA/Aprionis)

Pangkalpinang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta calon jamaah haji untuk memperbanyak minum air mineral menjelang dan selama menunaikan ibadah haji, karena kondisi cuaca panas di Tanah Suci Mekkah cukup ekstrim.

"Kita menyarankan calhaj untuk selalu menjaga kebugaran tubuh dan memperbanyak minum air putih," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulyono di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan memperbanyak minum air putih ini cukup penting untuk menjaga kebugaran tubuh dan mencegah dehidrasi yang akan mengganggu kesehatan jamaah.

Baca juga: Calon haji dipulangkan karena sedang hamil

"Suhu di Arab Saudi tinggi, karena sudah memasuki musim panas, sehingga dapat mengakibatkan jamaah mengalami kekurangan cairan," ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, tim dokter akan selalu mendampingi dan mengingatkan jamaah calon haji untuk selalu menjaga kesehatan dan kebugaran selama menjalankan ibadah di Mekkah dan Madinah.

"Kita sudah mendata calon jamaah calon haji yang rentan mengalami gangguan kesehatan di saat menjalankan ibadah nantinya," katanya.

Baca juga: Kemenag tunggu anggaran disetujui untuk tambah jumlah petugas haji

Kasi Akomodasi, Transportasi dan Kelengkapan Haji Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Babel, Deni Sandra mengatakan, anjuran memperbanyak minum air ini sesuai arahan Kementerian Agama, karena suhu udara di Tanah Suci yang tinggi.

"Kita mengarahkan calhaj untuk memperbanyak minum air putih dan mengkonsumsi buah-buahan," katanya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sampah plastik di Kota Mataram jadi tabungan haji

Komentar