counter

Piala Dunia FIBA

Usai juarai NBA, Marc Gasol siap pimpin Spanyol ke Piala Dunia

Usai juarai NBA, Marc Gasol siap pimpin Spanyol ke Piala Dunia

Pebasket Marc Gasol saat membela tim nasional Spanyol dalam Piala FIBA Eropa 2017. (ANTARA/AFP/Ozan Kose)

Jakarta (ANTARA) - Pebasket senior Marc Gasol, yang baru saja menjuarai NBA 2018/2019 bersama Toronto Raptors, siap memimpin tim nasional bola basket Spanyol menyongsong Piala Dunia FIBA 2019 di China pada 31 Agustus sampai dengan 15 September.

Timnas Spanyol pada Selasa mengumumkan pemanggilan Gasol bersama 15 pemain lainnya yang disiapkan untuk disaring menjadi 12 pemain roster akhir Piala Dunia FIBA 2019.

Pelatih kepala Spanyol Sergio Scariolo meyakini Gasol berada di posisi yang tepat untuk mengambil alih tongkat kepemimpinan menyusul cedera yang diderita kakaknya, Pau Gasol, yang dipastikan bakal absen dari Piala Dunia FIBA 2019.

"Marc Gasol memang ditakdirkan untuk mewarisi kepemimpinan, ia sudah siap dan tak sabar untuk itu," kata Scariolo dilansir laman resmi FIBA.

"Ia bakal jadi acuan tim dalam pola menyerang dan bertahan, namun Gasol bukan jadi satu-satunya yang bisa mengisi kekosongan yang ada. Kemampuan dan kapasitas besarnya jelas akan berpengaruh pada tim," ujarnya menambahkan.

Selain Gasol, tiga pemain lain yang berkarier di NBA juga termasuk dalam daftar pemanggilan Spanyol yakni point guard Phoenix Suns Ricky Rubio serta Hernangomez bersaudara, Willy (Charlotte Hornets) dan Juancho (Denver Nuggets).

Dua mantan pemain NBA juga dipanggil yakni Rudy Fernandez dan Victor Claver. Fernandez sempat membela Portland Trail Blazers dan Denver Nuggets, namun sejak 2012 berseragam Real Madrid, sedangkan Claver pernah bermain untuk Blazers dan sejak 2016 bertahan di Barcelona.

Spanyol masih diperkuat pilar-pilar mereka yang mengantarkan gelar juara Piala Dunia FIBA 2006, namun salah satu point guard Sergio Rodriguez absen dari tim untuk 2019 selepas musim yang berat di CSKA Moskow.

Namun jajaran point guard Spanyol masih punya pilihan gemerlap seeperti Quino Colom yang berperan besar dalam kelolosan mereka dari fase kualifikasi zona Eropa.

Baca juga: Rekrutan anyar Pelicans bertekad bela Brasil di China

Spanyol akan memulai persiapan mereka pada 24 Juli dan melakoni laga pemanasan pertama menghadapi Lithuania di Pamplona, Spanyol, pada 2 Agustus, selain juga bakal berhadapan dengan Kongo, Filipina dan Pantai Gading.

Laga pemanasan terakhir mereka dijadwalkan berlangsung pada 22 Agustus menghadapi Republik Dominika.

Spanyol tergabung di Grup C bersama Iran, Puerto Riko dan Tunisia. Rangkaian pertandingan Grup C bakal digelar di Guangzhou dan Spanyol akan menghadapi Tunisia di laga pertama pada 31 Agustus sebelum berturut-turut melawan Puerto Riko dan Iran tiap dua hari berselang.

Berikut daftar 16 pemain panggilan timnas Spanyol sementara:

Ilimane Diop (center), Jaime Fernandez (guard), Javier Beiran (forward), Joan Sastre (guard/forward), Juancho Hernangomez (forward), Marc Gasol (center), Pablo Aguilar (forward), Pau Ribas (guard), Pierre Oriola (forward/center), Quino Colom (guard), Ricky Rubio (guard), Rudy Fernandez (forward), Sergio Llull (guard), Victor Claver (forward), Willy Hernangomez (center), Xavi Rabaseda (guard/forward)

Baca juga: Antetokounmpo bersaudara warnai pemanggilan timnas Yunani

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar