Jakarta (ANTARA) - Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi) Lucius Karus mengapresiasi kinerja Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dalam upaya memperbaiki tata kelola institusi tersebut sebagai lembaga legislatif.

"Bambang Soesatyo memiliki gaya tersendiri dalam memimpin DPR saat ini," kata Lucius dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Lucius mengatakan, Bamsoet selama memimpin DPR, terus berupaya dan konsisten memperbaiki tata kelola lembaga parlemen untuk menunjang pencapaian target kinerja dan fungsi-fungsi DPR.

Salah satunya, menurut dia adalah Bamsoet konsisten membuat perencanaan di setiap masa sidang, sehingga konsistensi tersebut yang harus dilihat sebagai sebuah sebuah upaya positif.

"Kita lihat konsistensinya membuat perencanaan tiap masa sidang. Walaupun hasil belum maksimal, tapi konsistensi itu yang ingin di bangun Bamsoet," ujarnya.

Selain itu, dia menilai Bamsoet juga bisa merangkul segala aspirasi dan juga perbedaan pandangan di DPR sehingga tidak terjadi kegaduhan dan DPR bisa fokus menjalankan tugas dan fungsinya.

Lucius juga mengapresiasi gaya kepemimpinan Bamsoet yang konsisten itu namun waktu yang dimiliki politisi Partai Golkar itu tidak terlalu lama menjadi Ketua DPR dalam membuat terobosan baru di parlemen.

Menurut dia, waktu Bamsoet menjadi Ketua DPR relatif sebentar yaitu satu tahun lebih sehingga sulit mengharapkan adanya perubahan yang signifikan di DPR RI.

"Tapi memang waktunya sangat terbatas. Bamsoet menjadi ketua DPR waktunya hanya satu tahun lebih, jadi sulit mengharapkan perubahan signifikan," katanya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019