counter

Formula 1

McLaren perpanjang kontrak Lando Norris usai hasil positif awal musim

McLaren perpanjang kontrak Lando Norris usai hasil positif awal musim

Pebalap McLaren Lando Norris menjalani sesi latihan bebas GP Austria, Red Bull Ring, Spielberg. (28/6/2019) AFP/Andrej Isakovic

Jakarta (ANTARA) - McLaren menepis spekulasi yang beredar di musim panas ini setelah mengumumkan jika mereka akan memperpanjang kontrak Lando Norris setelah melihat penampilan apik sang rookie pada awal tahun.

Dengan demikian, tim yang bermarkas di Woking, Inggris itu akan mempertahankan barisan pebalapnya tahun depan dengan Norris dan Carlos Sainz, yang sebelumnya telah mengantongi kontrak multi-tahun dengan McLaren setelah diboyong dari Renault musim lalu, demikian Reuters.

Tak disebutkan berapa gaji yang diterima Norris, walau pun tim mengindikasikan jika sang pebalap termuda asal Inggris di Formula 1 itu akan mendapat gaji yang sama dengan sebelumnya.
The Guardian melaporkan jika Norris menyepakati kontrak untuk membalap bersama McLaren hingga tiga tahun ke depan.

"Mereka adalah masa depan tim ini," kata kepala tim McLaren Andreas Seidl di markas McLaren, Woking, Selasa.

Seidl mengatakan jika Norris telah lulus dari "masa percobaan" bersama McLaren.

"Kami ingin berkembang bersama... dan pada saat yang sama semoga kami juga bisa membuat progres yang sama dengan tim, memberi mereka mesin yang benar."

Sebagai pebalap rookie, Norris menjalani awal musim dengan penampilan impresif. Di dua balapan terakhir, Norris start dari P5 dan mengemas poin di dua balapan tersebut. Sedangkan Sainz telah menyumbangkan poin dari lima balapan untuk berada di peringkat tujuh klasemen pebalap sementara.

Mereka membawa McLaren berada di peringkat empat klasemen saat ini setelah sembilan balapan dari 21 balapan, mengantongi 20 poin lebih banyak dari Renault sebagai pemasok mesin mereka.

McLaren belum pernah lagi memenangi balapan sejak 2012, atau titel juara dunia sejak 2008. Namun mereka sedang mencoba bangkit untuk tampil di depan pendukung tuan rumah di GP Inggris akhir pekan nanti.

Baca juga: Tim dan pebalap antisipasi aspal baru Sirkuit Silverstone

"Saya tak bisa membayangkan kombinasi pebalap yang lebih baik untuk McLaren," kata kepala tim McLaren Zack Brown.

"Mereka membalap dengan baik untuk tim di tengah upaya kami untuk bangkit, mereka menempatkan kepentingan tim sebagai yang utama yang tidak lah mudah bagi seorang pebalap."

Tahun lalu tim Toro Rosso dikabarkan pernah mendekati Norris. Dan dengan banyaknya tim yang mendekati Brown melihat performa Carlos dan Lando menjadi perhatian utama McLaren untuk tetap mempertahankan mereka.

"Dengan bursa pebalap yang sedang dibuka, kami di sini ingin menjadi tim pertama yang menyatakan ini lah yang sedang kami lakukan dan tahun depan tak pernah diragukan," kata Brown.

Baca juga: Meski tidak yakin di Silverstone, Ferrari tetap menanti kejutan

Baca juga: Jauh dari ekspektasi, Bos Red Bull komentari performa Gasly
 

Felipe Massa Singgah di Jakarta

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar