Jakarta (ANTARA) - Bos tim Red Bull Christian Horner menyebut Max Verstappen adalah pebalap yang saat ini lebih baik dari juara dunia lima kali Lewis Hamilton dari tim Mercedes.

"Sebagai pebalap dengan keadaannya sekarang, saya rasa bisa dibilang dalam 12 bulan terakhir dia adalah pebalap terbaik di dunia," kata Horner seperti dikutip Reuters, Rabu.

Jelang balapan GP Inggris di Sirkuit Silverstone, kandang dari Hamilton, Horner memperkuat pernyataannya terhadap sang pebalap muda asal Belanda itu.

"Dia tidak memiliki mobil terbaik tapi ketika kalian lihat hasilnya dia mengeluarkan kemampuan mobilnya sejak Montreal tahun lalu, performa yang ia tampilkan, dia membuat nir kesalahan di periode itu."

Lumrah jika generasi baru pebalap muncul, kata Horner. "Lewis diuntungkan dengan pengalaman, dia masih sangat cepat, dia punya mobil terbaik, dengan mesin yang dilumasi dengan sangat baik."

"Bagi saya, Max adalah generasi yang datang itu."

Baca juga: Jauh dari ekspektasi, Bos Red Bull komentari performa Gasly

Baca juga: Honda buka lembaran baru lewat kemenangan di Austria

Verstappen mempersembahkan kemenangan bagi Red Bull musim ini, juga bagi Honda sejak kembali ke F1, usai menjadi yang tercepat di GP Austria akhir Juni.

Verstappen saat ini berada di peringkat tiga klasemen pebalap, di atas dua pebalap Ferrari, dan telah mengambil peran sebagai pebalap utama Red Bull sejak kepergian Daniel Ricciardo ke Renault.

Dia pun telah menunjukkan kematangannya sejak itu.

Andaikan Verstappen dan Hamilton menjadi satu tim dengan mobil yang sepadan, Horner tetap akan mendukung Verstappen ketimbang Hamilton.

"Dari yang saya lihat di sini dan sekarang, aku tentu akan mendukung Max."

Verstappen juga terkenal tak kenal basa basi, selain juga penuh tenaga di atas maupun di luar trek.

Musim kemarin menjadi saksi ketika dia mendapatkan hukuman setelah mendorong pebalap Prancis Esteban Ocon di pit. Kamera menangkap ulahnya setelah insiden di GP Brazil pada November.

"Dia penuh semangat. Itu adalah kenapa orang-orang ramah kepadanya. Dia tidak takut untuk bilang apa adanya. Apa kah itu hal yang buruk?" kata Horner.

"Saya lebih memilih memiliki pebalap seperti itu, yang memiliki gairah dan api semangat di perutnya dan kalian bisa menyalurkan itu. Olah raga ini mendambakan lebih banyak pebalap seperti Max Verstappen."

Baca juga: McLaren perpanjang kontrak Lando Norris usai hasil positif awal musim

Baca juga: Tim dan pebalap antisipasi aspal baru Sirkuit Silverstone

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019