Jakarta (ANTARA) - Satu bulan menjelang Hari Raya Idul Adha, beberapa pedagang daging sapi di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, mengaku penjualan mereka menurun lantaran adanya kenaikan harga daging sapi sehingga harga mencapai angka Rp120.000 per kilogramnya.

"Rata-rata 120 (ribu) per kilo. Memang terpaksa di harga segitu, pemasokannya (daging) nggak banyak. Susah, pembeli biasa minta di harga 100 (ribu)-an, ya nggak ada yang beli," ujar Julaludin, seorang pedagang di Pasar Jatinegara, Rabu.

Pedagang yang sudah berjualan daging di Pasar Jatinegara sejak tahun 1974 ini mengatakan cukup resah dengan turunnya omzet penjualannya beberapa hari belakangan.

"Serba salah. Ingin naikin lagi jadi 120 (ribu) lebih buat cari untung, ya nggak bisa, 120 (ribu) aja nggak ada yang beli. Mau maksa diturunin jadi 100 (ribu), nanti kita rugi," katanya.

Baca juga: Harga daging sapi di Pasar Kebayoran Lama Rp130.000 per kilogram
Baca juga: Harga daging ayam di Palembang masih tinggi
Baca juga: Harga daging di Cianjur belum turun


Hal yang sama juga dirasakan Andri, pedagang lain di samping kios Julaludin. Ia bahkan mengatakan tidak ada perbedaan antara penjualan di hari biasa dengan hari-hari jelang hari raya.

"Sama saja, ya begini-begini saja," kata dia lalu tertawa kecil.

Selain minimnya pemasokan daging, baik Julaludin maupun Andri berpendapat bahwa hal lain yang ikut mempengaruhi sepinya penjualan mereka adalah bantuan pemerintah dengan Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang menawarkan daging dengan harga lebih murah.

"Bagus sebenarnya, tapi dengan harga murah dengan pakai KJP, masyarakat mungkin lebih tertarik itu daripada beli di sini. Tapi ya sayang aja kan, pasar mereka juga di dekat sini," kata Julaludin.

Baca juga: Harga daging sapi di Biak Rp150 ribu per kg
Baca juga: Harga daging ayam di Kota Solo tetap tinggi pascalebaran


Namun kedua pedagang ini mengatakan bahwa harga daging sapi di angka Rp120.000 per kilogram ini akan kembali normal dan stabil seiring perayaan Hari Raya Idul Adha berakhir.

"Biasanya nanti habis hari raya haji (Idul Adha), harga sudah normal lagi," ujar Andri.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di beberapa pasar DKI Jakarta yang ditinjau dari situs infopangan.jakarta.go.id, harga rata-rata daging sapi di Ibu Kota pada hari ini, masih tergolong stabil di nominal Rp124.418 per kilogram.

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019