Gubernur Sumut: Polri tingkatkan profesionalisme penegakan hukum

Gubernur Sumut: Polri tingkatkan profesionalisme penegakan hukum

Gubernur Sumatera Utara H.Edy Rahmayadi di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (10/7). (Antara Sumut/Foto Munawar)

Medan (ANTARA) - Gubernur Sumatera Utara H.Edy Rahmayadi berharap kepada Polri agar semakin meningkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan rasa keadilan, transparan dan juga melayani masyarakat yang menghadapi masalah hukum.

"Penegakan hukum merupakan harapan kita bersama dan juga masyarakat agar tercipta keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas)," kata Edy, usai menjadi Inspektur Upacara Pada Peringatan Hari Bhayangkara ke-73 Tahun 2019, di Lapangan Merdeka Medan, Rabu.

Baca juga: Kapolri terima kasih terkait kenaikan tunjangan kinerja polisi

Baca juga: Polda Jambi siap terima kritikan masyarakat guna tingkatkan pelayanan

Baca juga: Aksi teatrikal penegakan hukum warnai HUT Bhayangkara Polri di Kudus



Dengan terciptanya kamtibmas yang mantap, menurut dia, maka pelaksanaan pembangunan dapat berjalan aman, lancar, tertib, dan tidak ada mengalami kendala.

"Masyarakat juga diharapkan dapat menjaga keamanan dan ketertiban. Karena menjaga kamtibmas tidak hanya merupakan tanggung jawab Polri, tetapi juga warga masyarakat," ujar Edy.

Ia mengatakan, dalam mewujudkan terciptanya keamanan di daerah, maka perlu tetap melaksanakan sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di Desa maupun Kelurahan.

Siskamling tersebut, tidak hanya dapat bermanfaat untuk menjaga keamanan bagi masyarakat, tetapi juga membantu tugas Polri dan pemerintah dalam menciptakan kamtibmas.

"Jadi, Siskamling harus tetap dilaksanakan, dalam mewujudkan kamtibmas," kata mantan Pangkostrad itu.

Dalam Peringatan Hari Bhayangkara tersebut, juga dilaksanakan terjun payung dari Anggota Brimob Polda Sumut, personel Paskhas TNI AU, peragaan ilmu bela diri dari personel TNI AD, Anggota Brimob, tarian berbagai etnis budaya di Sumatera Utara.

Hadir pada acara tersebut, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah, Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid, Pangkosekhanudnas III Medan, Marsekal Pertama TNI Djohn Amarul, Waka Polda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, Wali kota Medan HT Dzulmi Eldin, dan para undangan lainnya.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kominfo Sumut ingatkan agar hati-hati sebar berita

Komentar