Aiptu Eko terharu berhasil membuat kampung tematik bersama warga

Aiptu Eko terharu berhasil membuat kampung tematik bersama warga

Aiptu Eko sedang menanam cabe bersama warga saat jam istirahat kerja

Ini adalah amanah besar dari warga untuk menciptakan pemukiman yang aman dan nyaman
Tangerang (ANTARA) -
​​​​​Aiptu Eko Budi Santoso yang juga ketua RT 03/RW 04 Kelurahan Pasar Baru Karawaci, merasa senang dan terharu bisa membuat Kampung tematik yang dinamakan Kampung Pinggir Kali (Pingli) bersama warganya.

Anggota kepolisian Polres Metro Tangerang Kota itu menjabat sebagai ketua RT selama lima tahun dan kini telah memasuki periode kedua.

"Ini adalah amanah besar dari warga untuk menciptakan pemukiman yang aman dan nyaman," katanya.

Didasari oleh tekad untuk hidup bersih dan juga sejalan dengan program Pemerintah Kota Tangerang, akhirnya dirinya bersama warga merubah pemukiman yang dahulunya kumuh menjadi tempat yang layak huni di tahun 2017.

Pemukiman yang dihuni oleh 130 Kepala Keluarga tersebut, memiliki Kelompok Wanita Tani dengan tiga lokasi bercocok tanam. Lalu ada lokasi pusat edukasi bermain anak serta rumah budaya dalam mengembangkan kreatifitas anak.

"Alhamdulillah, dari kerja sama semua pihak akhirnya Kampung Pingli meraih juara lomba PHBS tingkat Kelurahan hingga Kota. Meski buka juara lomba yang kita kejar tetapi hunian yang nyaman dan aman," ujar Aiptu Eko yang bertugas di Satuan Lalu Lintas Polres Metro Tangerang Kota

Diakuinya, menjaga kekompakan membutuhkan waktu dan proses yang panjang. Oleh karena itu, dirinya selalu menyempatkan diri untuk ikut bergabung bersama warga dalam kegiatan.

Mulai ronda bersama, kerja bakti di akhir pekan serta berkomunikasi saat jam istirahat kerja. Tujuannya adalah untuk menyerap berbagai aspirasi dari warga. Tak hanya itu, warga pun mendapatkan motivasi dari Bambang Irianto selaku pembina pembentukan Kampung Tematik di Kota Tangerang asal Glintung.

"Ke depan adalah tugas untuk merawat kampung ini menjadi lebih baik lagi," ujar Aiptu Eko Budi Santoso.

Dirinya juga merasa bangga dan senang bisa ikut serta dalam menciptakan kampung tematik. Karena dengan statusnya sebagai anggota kepolisian, bisa terlibat langsung dalam pembangunan kota bersama warga.

Sekretaris RT 03, Muhamad Syahroni mengatakan, Kampung Pingli berawal dari program PHBS, Pemenuhan 10 indikator PHBS berhasil mengubah kondisi kampung yang sebelumnya kumuh dan tak terawat. Penerapan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sukses mengajak warga RT 03 RW 04 Kelurahan Pasar Baru berkomitmen menjaga lingkungan.

"Dimulai PHBS Tahun 2017, dari tingkat kelurahan, kecamatan sampai tingkat kota meraih prestasi, bahkan RT 03 pernah menjadi RT favorit dalam penilaian se-kelurahan," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pulihkan ekonomi, pelaku UMKM bergerak di Kampung Paniisan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar