Timika (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika telah mengusulkan pengadaan 104 unit bus berkapasitas 25-27 penumpang untuk transportasi atlet dan ofisial pada PON XX pada 20 Oktober-2 November 2020 di Timika.

Pelaksana Tugas Kepala Dishub Mimika Yan Selamat Purba di Timika, Rabu, mengatakan usul itu telah diajukan kepada Balai Transportasi Darat Wilayah Papua  pada Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, di Sorong sejak 2018.

"Pihak Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub menunjuk Balai Transportasi Darat di Sorong untuk mengakomodasi semua permintaan dan kebutuhan sarana transportasi darat untuk mendukung penyelenggaraan PON Papua. Kami di Timika mengusulkan 104 bus, selain itu fasilitas keselamatan jalan," kata Purba.

Ia mengaku belum mengetahui apa usul itu bakal dipenuhi Kemenhub. Namun melihat kesiapan armada angkutan penumpang di Timika yang belum memadai, Pemkab Mimika sangat berharap usul ini direalisasi tahun ini atau tahun depan sebelum PON Papua digelar.

"Kami sudah menyampaikan kepada kepala Balai Transportasi Darat di Sorong agar bisa ikut dalam pertemuan dengan jajaran Kemenhub guna membahas soal kesiapan transportasi darat untuk mendukung PON Papua. Kami di Mimika memang sangat membutuhkan itu," jelas Purba.

Baca juga: Kluster Biak siapkan venue enam cabang olahraga PON 2020

Wakil Ketua KONI Mayjen TNI (Purn) Suwarno yang menjadi Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah PON XX Papua saat meninjau kesiapan sejumlah venue di Timika belum lama ini mengatakan terdapat sembilan cabang olahraga akan dipertandingkan di Timika pada PON XX.

Kesembilannya adalah golf, atletik, bola tangan, judo, futsal, panjat tebing, tenis meja dan yang masih harus dikoordinasikan kembali antara Gubernur Papua selaku Ketua PB PN XX dengan Bupati Mimika, yaitu biliar.

Jumlah cabang olahraga  yang akan dipertandingkan pada PON Papua adalah 47.

1.297 atlet dan 500-an ofisial, belum termasuk biliar, akan berkompetisi di Timika pada PON tahun depan itu.

Suwarno meminta Pemkab Mimika membenahi fasilitas Stadion Sepakbola Wania Imipi SP1 untuk menyelenggarakan pertandingan babak penyisihan sepakbola PON XX.

"Yang harus segera diperbaiki yaitu Stadion SP1 karena akan digunakan untuk babak penyisihan sepakbola, mungkin untuk enam kali pertandingan. Ini butuh kerja keras dari Pemda," kata dia.

Selain Timika, kota-kota penyelenggara PON 2020 adalah kota dan Kabupaten Jayapura, Biak, Merauke dan Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Baca juga: Kemenpora minta dibentuk badan khusus pengelola venue PON XX

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2019