Setelah melakukan pembongkaran Jasa Marga Cabang Surgem akan melakukan pemagaran dan penghijauan serta terus memonitor perkembangan lapak liar di GT Banyu Urip
Surabaya (ANTARA) - Jasa Marga Cabang Surabaya-Gempol (Surgem) membongkar sedikitnya 27 lapak liar di akses keluar Gerbang Tol (GT) Banyu Urip Jalan Tol Surabaya-Gempol pada Km 5+600, tujuannya untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan tol di wilayah setempat.

Operation Department Head Jasa Marga Cabang Surabaya-Gempol, Amat Basuni kepada wartawan di Surabaya, Rabu, mengatakan sebelumnya di awal tahun 2018 lapak liar ini telah dibongkar, namun sekitar bulan September 2018 mulai dibangun lagi oleh pelapak.

"Sehingga di akhir tahun kemarin kami langsung mitigasi pembangunan lapak liar permanen dengan melakukan koordinasi kepada pihak terkait, termasuk pada pemilik lapak," katanya.

Ia mengatakan, pembongkaran dilakukan berdasarkan beberapa peraturan pemerintah, salah satunya Undang-Undang No. 38 Tahun 2004 Tentang Jalan.

Baca juga: Jasa Marga imbau pengguna FLO kurangi kecepatan saat bayar tol
Baca juga: Jasa Marga: Proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek capai 86 persen


"Jasa Marga telah berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Pemkot Surabaya dan jajaran Kepolisian sejak akhir tahun 2018. Kami juga intens melakukan komunikasi persuasif kepada para pemilik lapak," tuturnya.

Pertemuan itu dilakukan sebanyak dua kali tatap muka dan peringatan secara tertulis sebanyak tiga kali, serta sosialisasi dalam bentuk lainnya.

Sementara itu, setelah melakukan pembongkaran Jasa Marga Cabang Surgem akan melakukan pemagaran dan penghijauan serta terus memonitor perkembangan lapak liar di GT Banyu Urip.

Sementara itu, pembongkaran dilakukan dengan kerja sama Pemerintah Kota Surabaya, Polrestabes Surabaya, Polsek Sukomanunggal, Kecamatan Sukomanunggal dan Satuan Polisi Pamong Praja Pemerintah Kota Surabaya.

Operasi penertiban lapak liar dipimpin langsung Kapolsek Sukomanunggal Kompol Mulyono, dan dilakukan dengan pengamanan yang berjarak 8 meter dari Off Ramp GT Banyu Urip.

Baca juga: Cor beton proyek Tol BORR tumpah, lalu lintas menuju Parung dialihkan
Baca juga: Jasa Marga targetkan pembangunan 200 gardu tol FLO akhir 2019

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Apep Suhendar
Copyright © ANTARA 2019