Sudin Damkar Jakut gelar latihan penanganan kebakaran di mal

Sudin Damkar Jakut gelar latihan penanganan kebakaran di mal

Simulasi penanggulangan kebakaran di ITC Mangga Dua, Jakarta Utara. (Foto: Dok. Sudin Kominfotik Jakarta Utara)

Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu menggelar latihan penanganan kebakaran dengan melibatkan pihak pengelola pusat perbelanjaan.

Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu Satriadi Gunawan di Jakarta, Rabu, menjelaskan bahwa tujuan latihan tersebut untuk menjadikan pengelola pusat perbelanjaan atau mal mampu melakukan penanganan sekaligus evakuasi pengunjung saat bencana kebakaran terjadi.

Baca juga: Bantuan untuk korban kebakaran Tebet terus mengalir

Latihan simulasi penanganan kebakaran gedung tersebut digelar di pusat perbelanjaan ITC Mangga Dua dengan melibatkan 150 orang dari pihak pengelola bersama jajaran direksi yang tergabung dalam Tim Manajemen Keselamatan Kebakaran Gedung (MKKG) .

Satriadi Gunawan mengatakan bahwa kegiatan ini menyertakan materi penanganan kebakaran menggunakan hidran serta alat pemadam kebakaran ringan (APAR).

"Yang pokok dari pelatihan ini agar Tim MKKG melakukan evakuasi pengunjung dengan efektif bila terjadi kebakaran," katanya.

Dengan simulasi ini Satriadi mengharapkan tim MKKG ITC Mangga Dua lebih tanggap dan terampil melakukan penanganan dini.

Baca juga: Kebakaran landa permukiman di Tebet

"Jika penanganan dininya tepat, dampak dari kejadian bisa diminimalisasi," tuturnya.

Sementara itu, Saffety Officer ITC Mangga Dua Sarpin mengapresiasi simulasi dan pelatihan penanganan kebakaran yang digelar.

"Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu juga sudah melakukan pembinaan rutin. Harapannya dengan pelatihan ini ITC Mangga Dua aman dari ancaman kebakaran dan bencana lain," katanya.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pasca-kebakaran, smelter IWIP kembali beroperasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar