Makassar (ANTARA) - Jamaah Embarkasi Makassar khususnya yang berasal dari Sulawesi Selatan mendapatkan menu khas daerah ketika berada di tanah suci.

"Alhamdulillah tahun ini jamaah kita akan mendapatkan menu konsumsi yang sesuai dengan selera atau lidah orang Sulsel misalnya coto Makassar dan sebagainya," kata Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Anwar Abubakar di Makassar, Kamis, menanggapi penyediaan konsumsi bagi jamaah calon haji (JCH) Embarkasi Makassar di tanah suci Makkah dan Madinah.

Selain menu makanan khas daerah, jamaah sebelum pemberangkatan ke tanah suci disosialisasikan dulu dengan simulasi pesawat maskapai penerbangan Garuda.

Dia mengatakan, bagi JCH yang belum terbiasa atau tidak pernah menggunakan fasilitas pesawat sangat penting mengetahui kondisi layanan pesawat misalnya penggunaan toilet, sandaran kursi untuk duduk lebih nyaman dan sebagainya.

"Pengenalan fasilitas pesawat ini penting, karena mereka akan terbang kurang lebih 11 jam dan kemungkinan besar akan menggunakan toilet," ujarnya.

Berkaitan dengan hal itu, tata cara menggunakan toilet, tissu, membuka dan menutup pintu perlu diketahui JCH agar tidak kesulitan pada saat di pesawat.

Sementara itu, salah seorang JCH Kloter 7 asal Maluku Utara, Suriana mengatakan sangat terbantu dengan adanya sosialisasi simulasi pesawat ini, karena dapat mengetahui sejumlah fasilitas pesawat dan cara penggunaannya.*

Baca juga: Lima bus disiapkan angkut calhaj Kabupaten Pasangkayu ke Makassar

Baca juga: Jamaah tiga kabupaten masuk Asrama Haji Sudiang Makassar

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019