Palembang (ANTARA) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memuji pelayanan haji Embarkasi Palembang yang cukup bagus.

Pelayanan haji dan kreasi haji Embarkasi Palembang yang sangat bagus, kata menteri saat mengunjungi dan melihat pelayanan ibadah haji Sumatera Selatan di Palembang, Kamis.

Begitu juga media center yang dilengkapi studio mini untuk siaran langsung.

Ini cukup bagus karena media center ini punya kreasi tersendiri.

“Ini siarannnya sampai kemana?” lanjutnya.

“Talkshow ini kita siarkan melalui media sosial facebook sehingga bisa disaksikan pemirsa dari seluruh penjuru,” jawab Humas PPIH H. Saefudin.

Dari Media Center Haji, Menteri Agama lantas melihat ruang penerimaan kedatangan jamaah haji.

Baca juga: 4 kloter JCH Sumsel sudah di Madinah
“Prosesnya seperti apa?” tanya Menteri. “Seluruh proses administrasi dan pemeriksaan, mulai dari penerimaan sampai pemeriksaan kesehatan seluruhnya dilakukan di gedung Aula Penerimaan, untuk satu kloter kita sudah punya standar waktunya tidak boleh lebih dari 2,5 jam pak,” jawab Armed Dachil, salah satu anggota PPIH.

“Bagus, terus pertahankan,” timpal Menteri puas.

Usai dari ruang penerimaan, Menteri Agama melihat ruang pemeriksaan kesehatan dan ruang rekam biometrik. Ruang rekam biometrik sendiri sengaja disediakan untuk jamaah asal Bangka Belitung yang memang belum melakukan rekam biometrik.

"Ada kendala atau saran apa untuk kita,” tanya Menteri kepada petugas biometrik.

“Tidak ada pak,” jawab sang petugas yang membuat Menteri Agama tampak puas dan langsung menyalami sang petugas sembari tertawa dan mengajak foto bersama. “Ayo kita foto dulu,” kata Menteri Lukman.

Baca juga: Mayoritas JCH Palembang dan Musirawas Kloter dua resiko tinggi
Menteri Agama lalu menuju ruang penimbangan koper bagasi. Di tempat ini, Menag Lukman sempat menanyakan berapa lama proses penimbangan koper bagasi dan berapa banyak kendaraan yang dibutuhkan untuk mengangkut koper-koper tersebut ke bandara.

Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi mengatakan, kunjungan Menag membuat panitia Embarkasi Palembang makin semangat dan termotivasi untuk terus meningkatkana kreatifitas dan inovasi dalam pelayanan terhadap jamaah haji.

Kedatangan menteri seperti membangkitkan energi panitia untuk terus bekerja lebih keras, lebih cerdas, dan lebih ikhlas, tambah dia.

Menteri Agama datang ke Palembang dalam rangka meresmikan Rafah Tour dan Student Residence di UIN Raden Fatah Palembang serta rumah ibadah agama Khonghucu, Kong Miao Jakabaring di Kawasan Jakabaring Sport City.
Baca juga: Pemberangkatan 8.545 JCH Sumsel-Babel dibagi 19 kloter

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019