Panglima TNI sebut Capaja TNI-Polri merupakan investasi negara

Panglima TNI sebut Capaja TNI-Polri merupakan investasi negara

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat memberikan pembekalan kepada 781 orang calon perwira (Capaja) TNI dan Polri Tahun 2019 di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (12/7/2019). (Antara Foto/Syaiful Hakim)

Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyebutkan mendidik calon perwira remaja (Capaja) TNI-Polri merupakan investasi negara jangka panjang bidang keamanan dan pertahanan.

"Negara telah menanam investasi jangka panjang Sumber Daya Manusia (SDM) dengan cara mendidik Taruna Akademi TNI dan Kepolisian," kata Panglima TNI saat memberikan pembekalan kepada 781 orang calon perwira (Capaja) TNI dan Polri Tahun 2019 di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat.

Baca juga: Panglima TNI ingatkan Capaja TNI-Polri tak lakukan kekerasan

Baca juga: Danjen Akademi TNI ingatkan 781 Capaja TNI-Polri tak berkhianat

Baca juga: Presiden Jokowi akan lantik 781 Capaja TNI-Polri


Menurut Hadi, untuk mendidik seorang calon perwira membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit.

Keberadaan calon perwira merupakan investasi sumber daya manusia (SDM) yang sangat luar biasa agar TNI dan Polri lebih siap dalam menghadapi tantangan masa depan yang semakin meningkat.

"Tujuannya adalah siap hadapi tantangan masa depan. Berbicara tantangan bisa juga berbentuk ancaman masa kini dan masa depan. Setiap generasi memiliki tantangan yang berbeda," ucap Hadi.

Pembekalan kepada calon perwira TNI dan Polri dilakukan sekaligus untuk persiapan pelaksanaan Prasetya Perwira TNI dan Pelantikan Perwira Polri di Istana Merdeka yang akan dilaksanakan Selasa (16/7) mendatang.

Prasetya Perwira TNI dan Pelantikan Perwira Polri 2019 merupakan upacara penyumpahan dan pelantikan perwira TNI dan Polri, lulusan dari Akademi Angkatan (Akmil, AAL, AAU dan Akademi Kepolisian. Dalam kesempatan itu Presiden RI selaku Panglima tertinggi Bapak Ir Joko Widodo akan bertindak selaku Inspektur Upacara.

Komposisi jumlah calon perwira TNI dan Polri yang akan dilantik Akmil Putra 244, Putri 15 Jumlah 259, Akademi Angkatan Laut (AAL) Putra 103 Putri 14 Jumlah 117, Akademi Angkatan Udara (AAU) Putra 90, Putri 9 Jumlah 99 dan Akademi Kepolisian (Akpol) Putra 256, Putri 50 Jumlah 306.

Praspa TNI dan Pelantikan Polri juga akan dihadiri Presiden RI, Ibu Negara, Wapres/Ibu, Menkopolhukam, Panglima TNI, Kapolri, Para Kepala Staf Angkatan, Danjen Akademi TNI, Kalemdiklatpol, Gubernur Akademi Angkatan, Atase Pertahanan Negara Sahabat.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Panglima TNI harap Gebyar Karya Pertiwi tingkatkan ekonomi kerakyatan

Komentar