counter

Info Haji

Dua petugas medis Bangka Barat dampingi jamaah calon haji

Dua petugas medis Bangka Barat dampingi jamaah calon haji

Jamaah calon haji dari Kabupaten Bangka Barat berfoto bersama pejabat pemerintah di daerah itu. (babel.antaranews.com/ Donatus DP)

Mentok, Babel (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menugaskan dua petugas medis untuk mendampingi jamaah calon haji dari daerah itu yang berangkat menuju Tanah Suci.

"Petugas medis yang kami tugaskan akan terus melakukan pendampingan kepada para jamaah untuk memastikan kondisi kesehatan seluruh anggota rombongan," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat Mohammad Putra di Mentok, Babel, Jumat.

Menurut dia, pendampingan yang dilakukan para petugas medis dari daerah itu diharapkan bisa meminimalkan kemungkinan terjadinya gangguan kesehatan jamaah selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

"Mereka akan melakukan pengecekan rutin kepada para jamaah selama di Tanah Suci dan melakukan pertolongan pertama jika terjadi gangguan kesehatan," katanya.

Selain menugaskan pendamping ke Arab Saudi, selama dalam perjalanan menuju Embarkasi Palembang, Dinkes Bangka Barat juga telah menugaskan sebanyak empat tenaga medis untuk mendampingi rombongan.

Seluruh puskesmas yang ada di daerah itu, kata dia, juga telah diinstruksikan untuk mendampingi para jamaah yang berangkat secara rombongan dari kecamatan masing-masing menuju Bandara Pangkalpinang.

"Pelayanan medis kepada para calon haji ini merupakan upaya Pemkab dalam mendukung dan menyukseskan ibadah tersebut agar berjalan baik dan lancar," katanya. 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar