Jakarta (ANTARA) - Pebalap Red Bull Pierre Gasly memuncaki sesi latihan bebas untuk pertama kalinya musim ini ketika menjadi yang tercepat di FP1 GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Jumat.

Gasly mencatatkan waktu terbaik 1 menit 27,173 detik di lap terakhirnya untuk menyingkirkan pebalap Mercedes Valtteri Bottas, yang memimpin di sebagian besar sesi, ke tempat kedua dengan selisih waktu 0,456 detik, demikian laman resmi Formula 1.

Rekan satu tim Gasly, Max Verstappen di tempat ketiga tercepat mengungguli Lewis Hamilton dari Mercedes yang berada di tempat keempat.

Di seri balapan Formula 1 ke-1.007 kali ini, Red Bull menggunakan livery khusus bertemakan 007, kode agen rahasia asal Inggris, James Bond.

Hasil terbaik Gasly itu seakan menjawab kritik yang dilontarkan menyusul performa yang masih di bawah ekspektasi tim di awal musim ini.


Baca juga:Jauh dari ekspektasi, Bos Red Bull komentari performa Gasly

Baca juga:Norris kembali nantikan momen pertarungan dengan Hamilton


Sementara itu, dua pebalap Ferrari, Charles Leclerc dan Sebastian Vettel mencatatkan waktu di peringkat lima dan enam, di atas dua pebalap Renault, Nico Hulkenberg dan Daniel Ricciardo.

Sesi pagi sempat terhenti semenetara ketika Kimi Raikkonen menghentikan mobilnya di Luffield setelah tim Alfa Romeo lewat radio menyatakan ada bagian yang rusak.

Sesi latihan dilanjutkan kembali ketika marshal telah mengamankan mobil Raikkonen ke luar trek.

Laporan terakhir menyatakan jika Raikkonen mengalami masalah dengan power unit mobilnya. Aspal baru Silverstone juga terbukti cukup menyulitkan dengan sejumlah pebalap melintir di lintasan.

Pebalap Haas Romains Grosjean menjadi salah satu korbannya, ketika melintir di ujung jalur pit dan kehilangan sayap depannya. Grosjean ketika turun kembali ke trek juga melintir di Brooklands.

Rookie asal Inggris Lando Norris juga mendapati Sirkuit Silverstone cukup tangguh ketika dia kehilangan kendali mobil McLaren di tikungan terakhir demikian pula George Russell dengan mobil Williams. Hamilton dan Verstappen juga sempat melebar di trek. Tiga puluh menit menjelang akhir sesi, hujan membasahi Silverstone.

Alexander Albon dari Toro Rosso di peringkat sembilan diikuti oleh Carlos Sainz yang mengunci peringkat 10 besar untuk McLaren.

Baca juga:Kecolongan di Austria, Leclerc akan lebih agresif di Inggris

Baca juga:Hamilton berpeluang ramaikan perayaan di Silverstone
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2019