counter

Menko Perekonomian: Pemerintah terus berusaha memeratakan perekonomian

Menko Perekonomian: Pemerintah terus berusaha memeratakan perekonomian

Menko Perekonomian Darmin Nasution (dua dari kanan) didampingi Menteri Koperasi dan UKM A.A.G.N, Puspayoga (tiga dari kanan), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (tiga dari kiri), dan Ketua Dekopin Nurdin Halid (kanan) saat memukul kentongan untuk menandai puncak peringatan Hari Koperasi Nasional 2019 di GOR Satria, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat (12/7/2019) sore. (Foto: Sumarwoto)

Banyak yang harus dibangun dalam mendukung perekonomian, antara lain pendukung jalan Tol Trans Jawa seperti jalan nasional, jalan provinsi, dan jalan kabupaten supaya termanfaatkan dengan baik oleh masyarakat di berbagai pelosok Jawa termasuk pembang
Purwokerto (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan bahwa pemerintah terus berusaha melakukan pemerataan perekonomian di antaranya melalui pembangunan infrastruktur.

"Pemerintah pada lima tahun pertama pemerintahan Pak Jokowi (Presiden Joko Widodo, red.) bersama Pak Jusuf Kalla (Wakil Presiden Jusuf Kalla, red) untuk lima tahun pertama dan Pak Ma'ruf Amin untuk periode lima tahun kedua sudah berusaha dan melakukan kerja keras membangun infrastruktur," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat sore.

Menko Perekonomian mengatakan hal itu saat memberikan pengarahan dalam acara puncak peringatan Hari Koperasi Nasional 2019 di Gelanggang Olahraga (GOR) Satria, Purwokerto.

Acara tersebut dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Ketua Dekopin Nurdin Halid, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, sejumlah anggota DPR RI, kepala daerah dari berbagai wilayah Indonesia, dan tamu undangan lainnya serta pegiat koperasi dari seluruh Indonesia.

"Kita masih perlu meneruskan pembangunan infrastruktur tetapi ada segi lain yang ingin ditekankan pada periode kedua ini, bagaimana memanfaatkan secara optimal infrastruktur yang sudah dibangun supaya jangan terlalu dikatakan orang 'infastruktur melulu, kita kerjanya apa'," kata Menteri Darmin.

Baca juga: Koperasi harus lakukan reformasi total dalam cara pandang

Ia mengatakan banyak yang harus dibangun dalam mendukung perekonomian, antara lain pendukung jalan Tol Trans Jawa seperti jalan nasional, jalan provinsi, dan jalan kabupaten supaya termanfaatkan dengan baik oleh masyarakat di berbagai pelosok Jawa termasuk pembangunan pelabuhan, bandar udara, dan seterusnya.

"Oleh karena itu, kita sangat mengharapkan kreativitas, inisiatif dari kepala daerah bersama-sama dengan pimpinan nasional, membangun bukan hanya jalan barangkali tetapi juga perlu membangun pasar pengumpul, perlu membangun lapangan penumpukan, dan sebagainya sehingga bisa benar-benar terwujud manfaat yang optimal bagi masyarakat dari pembangunan infrastruktur ini," katanya.

Selain pembangunan infrastruktur, Menteri juga menjelaskan beberapa upaya lain yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemerataan perekonomian.

Dalam puncak peringatan Hari Koperasi Nasional 2019 itu, Menko Perekonomian Darmin Nasution berkesempatan untuk menyerahkan penghargaan berupa Satyalancana Pembangunan dan Satyalancana Wirakarya kepada sejumlah kepala daerah dan tokoh masyarakat, salah satunya Bupati Banyumas.

Sementara Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga berkesempatan menyerahkan penghargaan Bakti Koperasi, Koperasi Berprestasi, penyerahan kredit usaha rakyat, dan pinjaman dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir.
Baca juga: Darmin: insentif "super deductible tax" untuk peningkatan kualitas SDM

Pemerintah ingin harga tiket pesawat turun dalam satu minggu ini

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar